Indonesia Website Awards

Algoritma Google 2022 [Wajib Update], Pengaruhnya Besar untuk Posisi Rangking Website

Algoritma Google 2022 Bulan Oktober Terkait Spam Update

Algoritma Google 2022 adalah sistem ranking yang dibuat oleh Google yang tiap bulan dirilis di halaman Google Search Central atau Pusat Google Penelusuran.

Sistem ini dibuat untuk menampilkan hasil pencarian yang paling relevan dengan kata kunci yang diketikkan pengguna.

Dengan kata lain, Anda harus mematuhi update terbaru algoritma Google jika ingin ranking website Anda di hasil pencarian mendapatkan posisi peringkat tertinggi di mesin pencari.

Algoritma Google 2022, Terkait Posisi Rangking?

Baru mengenal SEO? Mulailah dengan membaca panduan memulai Google Penelusuran ini.

Daftar Pembaruan Penentuan Peringkat di Google

Menurut Google, Pembaruan spam Google Penelusuran dan situs. Meskipun sistem otomatis Google untuk mendeteksi spam penelusuran terus beroperasi, Google terkadang membuat peningkatan yang signifikan pada cara kerjanya.

Saat Google melakukannya, biasa disebut sebagai pembaruan spam dan membagikannya saat terjadi di daftar pembaruan peringkat Google Penelusuran.

Baca Juga : Perbedaan Utama Wix dan WordPress, Mana Pilihan Terbaik untuk Anda?

Spam Update

Algoritma Google 2022 Spambrain Google Search
Google Search

Rilis: 19 Oktober 2022

Status: Aktif

1. SPAMBRAIN

Spambrain adalah sistem pencegahan spam berbasis AI. Dari waktu ke waktu, Google sendiri meningkatkan sistem tersebut agar lebih baik dalam mendeteksi spam dan membantu memastikan sistem AI menemukan jenis spam baru.

Fitur penting lainnya dari SpamBrain adalah bahwa SpamBrain dirancang untuk menjadi platform yang kuat dan terus berkembang guna mengatasi semua jenis penyalahgunaan.

Dengan meningkatnya volume spam canggih yang dihasilkan setiap hari, kemampuan SpamBrain untuk mengidentifikasi perilaku yang mengganggu dan berbahaya di antara miliaran halaman web memungkinkan Google Search mempertahankan lebih dari 99% penelusuran bebas spam.

2. Manual technique

Bila situs terdampak terkait Spam, Biasanya akan diinformasikan ke pemilik/webmaster tersebut melalui email dan atau dapat pesan notifikasi di Google Search Console.

Dari waktu ke waktu, @Google meningkatkan sistem tersebut agar lebih baik dalam mendeteksi spam dan membantu memastikan sistem menemukan jenis spam baru.

Tepatnya pada 19 Oktober 2022, Google Merilis Spam Update pada Oktober 2022. Pembaruan ini bersifat global dan memengaruhi semua bahasa.

Alasan Google Memerangi Spam?

Pemilik Situs spam berusaha mendapatkan posisi teratas di hasil Penelusuran melalui berbagai teknik seperti mengulang kata kunci berkali-kali.

Peretas terkadang bahkan meretas situs yang sah dan mengubahnya menjadi backlink yang mungkin mengarahkan orang ke situsnya atau hal lainnya.

Apakah Spam Update ini Berpengaruh terhadap Situs anda?

Yes ! Sangat berpengaruh pada status posisi Rangking website anda, bila situs anda memiliki backlink yang terindifikasi Spam.

Terus, Bagaimana cara Mengatasinya?

Mendeteksi spam untuk memberikan hasil yang relevan dan tepercaya
Google Search Central

Praktik Terbaik

Praktik terbaiknya adalah menghindari metode mendapatkan link dari situs yang memiliki nilai Spam Score-nya tinggi serta hindari situs afiliasi/guest posting yang tidak mematuhi aturan pedoman dari google websmaster.

Cara Mendapatkan Baclink Potensial

1.LINK AFILIASI/BERSPONSOR
Agar memudahkan google memahami link anda,Link afiliasi di halaman seperti ulasan produk atau panduan belanja adalah cara umum bagi blog dan advertiser untuk memonetisasi traffic website.

Secara umum, Anda dapat menggunakan link afiliasi untuk memonetisasi situs.

Contoh penambahan atribut sponsor di halaman website:

< a href="https://whiteandblackseo.id/" rel="sponsored">Perusahaan Jasa Terbaik Indonesia</a>

Caranya dengan menerapkan link tersebut di isi artikel/halaman terkait produk maupun jasa anda dari situs lain/situs pemberi ulasan.

2.Guest Posting

Guest Post adalah posting tamu atau sebuah website membuka peluang bagi anda untuk dapat mem-posting sebuah artikel ke website tersebut.

Praktinya, situs guest posting menambahkan link tag sponsored (lihat poin 1).

Baca Juga : Peran Penting SEO dalam Pemasaran Digital

Apa yang Harus Anda Waspadai pada Perubahan Algoritma Google 2022?

Asosiasi Konten ke Kueri:

Judul yang menyesatkan dengan konten yang tidak relevan tidak akan lagi mendapatkan tempat di hasil halaman. Algoritme Google 2022 semakin baik dalam mengenali konten dengan informasi yang paling relevan dan andal.

Konten yang hanya mencoba memancing audiens mereka dengan menghubungkan sumber yang tidak perlu tidak akan efektif seperti sekarang ini.

Hasil Personalisasi Berdasarkan Pencarian Terbaru:

Lalu lintas saat ini menunjukkan topik pencarian terbanyak berdasarkan algoritme akumulatif informasi dan aktivitas dari semua pengguna internet.

Algoritma Google 2022 sekarang bekerja untuk meningkatkan pengalaman pencarian setiap pengguna untuk mencocokkan informasi yang akan muncul sesuai dengan riwayat halaman yang mereka kunjungi dan kueri yang sering.

Sehingga kedepannya, hasil pencarian dapat mencocokkan halaman untuk ditampilkan kepada pengguna sesuai dengan minatnya.

Snippet:

Apakah Anda melihat bagian kecil di atas hasil yang menunjukkan deskripsi singkat atau foto hasil pencarian? Kadang-kadang sangat membantu, terutama untuk pencarian informasi yang cepat.

Tetapi sebagian besar waktu, cuplikan menunjukkan informasi yang menyesatkan dan tidak lengkap.

Butuh Bantuan Jasa Maintenance SEO Website anda ?

Tingkatkan performa SEO website Bisnis Online anda dengan teknik SEO terbaik yang terbukti. Hubungi Jasa SEO Bulanan Bergaransi, tercepat dan terpercaya di Indonesia.

Gratis Konsultasi ! Kunjungi whiteandblackseo.id

Sukses selalu UMKM Indonesia !

Romi
Suka Belajar & Praktik Update terbaru terkait Digital Marketing. Memiliki Passion di bidang Hitam Putih SEO, Pemasaran Media Sosial, Pemasaran Email, Analisis Data, Iklan Google, Iklan Media Sosial, Penulisan Konten, dan Mengembangkan Situs Web.