Indonesia Website Awards

AZWI Journalist Competition 2023, Berhadiah 15 Jutaan Rupiah

AZWI Journalist Competition 2023, Berhadiah 15 Jutaan Rupiah
Aliansi Zero Waste Indonesia

AZWI Journalist Competition, Berhadiah 15 Jutaan Rupiah oleh Aliansi Zero Waste Indonesia, Periode 19 Januari – 15 Februari 2023.

Journalist Competition by AZWI

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diperingati setiap tanggal 21 Februari tiap tahunnya. HPSN 2023 mengingatkan semua pihak bahwa persoalan sampah.

Dan harus menjadi perhatian utama, yakni dalam hal penanganan dan pengelolaannya yang memerlukan pelibatan seluruh komponen masyarakat. 

Peringatan HPSN telah menjadi salah satu pendorong untuk membangun kesadaran publik dalam upaya-upaya pengurangan sampah yang hasilnya sangat positif.

Saat ini platform HPSN ditingkatkan peranannya kepada aktualisasi produktivitas masyarakat.

Melalui upaya-upaya pencegahan dan pengendalian penanganan sampah yang dapat memberikan kontribusi nyata. Mulai dalam mengembangkan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat serta juga dapat memberikan dampak positif terhadap upaya pengendalian perubahan iklim.

Dalam berpartisipasi perayaan HPSN 2023, Aliansi Zero Waste Indonesia mengadakan kompetisi jurnalis. AZWI mengajak media-media yang ada di Indonesia beserta masyarakat umum.

Untuk turut andil dalam merayakan serta ikut serta dalam menyelamatkan lingkungan melalui karya tulis, foto, video dan infografis.

AZWI Journalist Competition 2023

Zero Waste Solution yang fokus pada pengurangan dan penanganan bahwasanya strategi ini memiliki tujuan menciptakan ekosistem pengelolaan sampah nasional.

Melalui penguatan regulasi di tingkat nasional dan daerah dengan pendekatan guna ulang dan prinsip zero waste secara umum.

Penyebaran narasi yang sesungguhnya tentang bioplastic dan ecobrick yang merupakan bukan solusi.

Mendorong Plastic Phasing out dengan strategi menekan di tingkatan produksi.

Konsumsi dan penggunaan plastik yang sejatinya mengandung bahan berbahaya dan beracun tentunya berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan.

Pendaftaran AZWI Journalist Competition

Kompetisi ini terbuka untuk umum dan juga jurnalis dari media cetak maupun daring. Silakan klik di sini untuk pendaftaran kompetisi ini. Batas pengumpulan 15 Februari 2023.

Pengumuman pemenang kompetisi akan ditayangkan di akun instagram @aliansizerowaste.id pada 21-02-2023.

Bertepatan pada Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN 2023).

Topik AZWI Journalist Competition

Maka dari itu dalam kompetisi jurnalis ini AZWI mengangkat topik:

A. ZW Solution

Pemilahan dan Penanganan Sampah Perkotaan Sejak dari Sumber
Ekosistem Reuse dan Refill.

B. False Solution

Teknologi Termal bukan Solusi Sampah Perkotaan
Bahaya biodegradable plastik/bioplastik
Ecobrick bukan solusi

C. Plastic phasing out

Bahaya mikroplastik bagi kesehatan dan lingkungan
Bahan berbahaya dan beracun dalam plastik.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi momentum yang pas untuk menyebarkan narasi-narasi yang kami yakinkan adalah solusi Zero Waste.

Aliansi Zero Waste Indonesia

Baca juga: Perbedaan Coaching dan Mentoring

Tentang Aliansi Zero Waste Indonesia (AZWI)

Aliansi Zero Waste Indonesia (AZWI) adalah koalisi 10 lembaga non profit yang terdiri dari Greenpeace Indonesia, Indonesian Center for Environmental Law (ICEL), Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI), Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP), YPBB, Nexus3 Foundation, ECOTON, Nol Sampah, Gita Pertiwi dan PPLH Bali.

AZWI atau Aliansi Zero Waste Indonesia mengampanyekan implementasi konsep zero waste secara berkelanjutan dan sehat.

Yang secara adil memanfaatkan sumber daya alam sehemat mungkin, hanya menggunakan material yang aman, dan tidak membuang apapun,dalam rangka pengarusutamaan berbagai kegiatan, program, dan inisiatif pengelolaan sampah yang sudah ada untuk diterapkan di berbagai kota dan kabupaten di Indonesia dengan mempertimbangkan hierarki pengelolaan sampah, siklus hidup material, dan ekonomi sirkuler.

Asah Skillmu sekarang di Journalist Competition 2023

Narahubung:

Vancher (+62 812-8854-9493)

Kia (0852-1580-9537)

Info Selengkapnya di https://aliansizerowaste.id/2023/01/19/menuju-hpsn-2023-journalist-competition-by-azwi/

Referensi: http://ppid.menlhk.go.id/beranda

Ayu Mulyono
Aku suka menulis, mencoba membantu orang memahami tentang dunia pemasaran lewat daring seperti seo,media sosial,e-commerce,startup dan perkembangan teknologi dalam menunjang kehidupan manusia dimasa depan dengan cara yang paling nyaman. Semoga bermanfaat !