Indonesia Website Awards

Belanja Pakai QRIS, Cukup Scan dan Bayar!

Satu-QRIS-untuk-semua-Pembayaran-Tokomu
Sooltanpay

Belanja pakai QRIS (QR Code Indonesia Standard) dapat dikatakan mudah dan cepat karena ia memberikan kesederhanaan dalam proses pembayaran. Pengguna hanya perlu memindai kode QR yang ditampilkan di mesin EDC atau di aplikasi mobile banking/e-wallet dan mengirimkan jumlah yang dibayar ke nomor rekening yang tercantum dalam kode QR.

Apa Itu QRIS?

QRIS (QR Code Indonesia Standard) adalah sebuah sistem pembayaran yang menggunakan kode QR (Quick Response Code) untuk memfasilitasi transaksi pembayaran. QRIS dikembangkan oleh Bank Indonesia (BI) dan diterapkan oleh berbagai bank dan perusahaan fintech di Indonesia.

Sistem ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran dengan memindai kode QR yang ditampilkan di mesin EDC (Electronic Data Capture) atau di aplikasi mobile banking/e-wallet. Pengguna hanya perlu mengirimkan jumlah yang dibayar ke nomor rekening yang tercantum dalam kode QR, tanpa perlu mengetahui nomor rekening tersebut secara manual.

QRIS juga dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan untuk mencegah aktivitas penipuan, seperti verifikasi melalui One Time Password (OTP) dan pembatasan jumlah transaksi.

Sistem ini dapat digunakan untuk berbagai jenis transaksi, termasuk pembayaran di merchant-merchant, pembayaran tagihan, dan transfer uang ke rekening bank lain.

Pakai QRIS, Cukup Scan & Bayar!

Standarisasi QR Code dengan QRIS memberikan banyak manfaat, terutama bagi saya sebagai salah satu pengguna Qris. Simple sih, Cukup Scan dan Bayar!

Belanja menggunakan QRIS (QR Code Indonesia Standard) dapat dikatakan mudah dan cepat karena ia memberikan kesederhanaan dalam proses pembayaran. Pengguna hanya perlu memindai kode QR yang ditampilkan di mesin EDC atau di aplikasi mobile banking/e-wallet dan mengirimkan jumlah yang dibayar ke nomor rekening yang tercantum dalam kode QR.

Mudah karena pengguna tidak perlu lagi mengetahui atau mencatat nomor rekening penjual secara manual, dan cepat karena transaksi dapat dilakukan dengan cepat hanya dengan mengirimkan jumlah yang dibayar tanpa harus menunggu konfirmasi dari penjual.

Selain itu, QRIS juga dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan yang membuat proses pembayaran menjadi lebih aman dari aktivitas penipuan.

Maka dari itu dengan menggunakan QRIS, proses pembayaran menjadi lebih mudah, cepat dan aman. Baik untuk penjual ataupun pembeli.

Jadi ketika saya belanja kebutuhan sehari-hari bersama keluarga di supermarket maupun minimarket hingga beli makanan di restoran atau sekedar ngopi di coffee shop, Saya dan istri tidak perlu repot lagi membawa uang tunai.

Nah, dalam penulisan artikel kali ini, saya mau berbagi mulai dari manfaat,bagaimana membuat Qris hingga cara menggunakan Qris, Simak terus penjelasan lengkapnya dibawah ini, yuk!

Manfaat Belanja Pakai QRIS

Berikut saya bagikan berbagai menfaaat belanja menggunakan Qris dalam setiap transaksi sehari-hari, antara lain:

1. Mempermudah Proses Pembayaran

Pertama, dengan adanya aplikasi Qris di handphone, Saya tidak perlu lagi menggunakan uang tunai atau kartu kredit. Cukup dengan memindai kode QR yang ditampilkan oleh merchant/toko, maka transaksi dapat segera dilakukan.

2. Cek Struk Pembayaran ada di Handphone

Menghilangkan kebutuhan untuk mencetak struk pembayaran, sehingga lebih menghemat waktu dan biaya ketika belanja pakai qris.

3. Multi Transaksi

Dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi, seperti pembelian barang atau jasa, pembayaran tagihan, dan lain sebagainya.

4. Transaksi Aman

Belanja pakai QRIS menjamin keamanan transaksi, karena menggunakan teknologi enkripsi yang canggih untuk melindungi data pribadi dan informasi keuangan.

5. Bayar Ini Itu, Kapan dan Dimana Aja

Selain memberikan kemudahan untuk mengecek riwayat transaksi dan melakukan pembatalan transaksi jika diperlukan. Namun, manfaat lainnya, memungkinkan saya belanja pakai qris untuk melakukan transaksi di mana saja dan kapan saja, tidak terbatas pada jam operasional bank atau merchant.

6. Ramah Lingkungan

Finally, dengan hadirnya aplikasi Qris, menurut pemahaman saya, Qris merupakan salah satu solusi yang ramah lingkungan, karena tidak menggunakan kertas untuk struk pembayaran.

Nah, bagi teman-teman yang ingin merasakan manfaatnya, namun, belum memiliki dompet digital Qris, sebaiknya bikin akun dan Buat qris terlebih dahulu dengan aplikasi Sooltanpay.

Sekilas tentang SooltanPay

Belanja Pakai QRIS di Sooltanpay, Cukup Scan dan Bayar!
Tampilan utama aplikasi SooltanPay

SooltanPay merupakan platform aplikasi yang menyediakan layanan daftar Qris secara gratis. Daftar Qris di Sooltanpay tidak lama. Dalam waktu 1x 24 jam saja, Qris sudah jadi dan siap digunakan.

Untuk diketahui, Aplikasi Sooltanpay bukan hanya diperuntukan untuk pengguna biasa saja lho, namun, bisa digunakan buat dagangan juga.

Jadi, selain belanja pakai Qris di Sooltanpay untuk kebutuhan sehari-hari, anda juga bisa dapat cuan, seperti halnya menjual pulsa dan data internet, menerima pembayaran tagihan, pembelian token listrik, hingga pencatan transaksi jualan online maupun usaha offline anda.

SooltanPay untuk Semua Transaksi

Selain bermanfaat buat pengguna seperti saya, ternyata Aplikasi Qris di Sooltanpay multi benefit buat pedagang pemula atau UMKM yang belum memiliki pencatan transaksi jualan yang memadai.

Manfaat QRIS Sooltanpay bagi Merchant

Perlu diketahui bahwa Qris dapat Menerima Pembayaran dari mana saja, Manfaat bagi merchant sebagai berikut:

1. Berpotensi Meningkatkan Penjualan

Orang-orang zaman sekarang, pengennya cepat dan tidak mau ribet. Dengan perkembangan teknologi canggih saat ini, Pemilik usaha atau satu data umkm diharuskan untuk memiliki sistem pembayaran yang mudah dan cepat bagi konsumen belanja pakai qris.

Manfaatnya adalah Berpotensi meningkatkan Penjualan karena Qris dapat menerima pembayaran dari mana saja dan berbasis QR apapun.

2. Lebih Praktis karena cukup menggunakan 1 QRIS

3. Terhindar dari Penerimaan Uang Palsu

4. Tidak perlu repot-repot menyediakan uang kembalian

5. Bisa sambil Jualan Pulsa dan Tagihan

6. Terakhir, Memudahkan pencatan transaksi Dagangan.

Cara Membuat Akun di Sooltanpay

Untuk memiliki akun di Sooltanpay, pertama-tama Anda perlu membuat akun, simak cara buat akun sebagai pengguna standar di Sooltanpay berikut.

Ada 2 cara membuat akun di aplikasi Sooltanpay:

  1. Download Aplikasi Sooltanpay di Google Playstore maupun Appstore
  2. Menggunakan Komputer Desktop/Laptop

Melalui artikel ini saya akan bagikan cara membuat akun personal menggunakan perangkat desktop.

Buat Akun Sooltanpay Menggunakan Komputer Dekstop

Waktu yang dibutuhkan: 3 menit.

9 cara buat akun di SooltanPay menggunakan Komputer Desktop.

  1. Buka Browser Favorit

    Pertama, Buka browser chrome, kemudian akses website dengan cara ketik: www.sooltanpay.id

  2. Klik tombol ” Daftar Qris Gratis “

    Langkah Kedua, silahkan klik tombol yang bertuliskan “Daftar Qris Gratis”.bikin qris gratis di sooltanpay

  3. Welcome Message

    Setelah klik tombol daftar tadi, selanjutnya akan diarahkan ke halaman info tentang “Keuntungan Jadi Sooltan” seperti gambar berikut:Belanja Pakai Qtis di Sooltanpay Aja

  4. Isi Formulir Pendaftaran

    Klik tombol “Mulai”, selanjutnya akan diarahkan ke halaman pendaftaran dan akan diminta untuk mengisi formulir mulai dari Nama Lengkap, Nomor HP aktif, Isi no referal (bila ada).Belanja Pakai Qris di SooltanPay

  5. Verifikasi OTP

    Setelah mengisi data yang lengkap, selanjutnya anda akan dikirim kode OTP untuk validasi nomor kontak.belanja pakai Qris di Sooltanpay untuk kebutuhan sehari-hari

  6. Buat Password

    Silahkan membuat Password/Kata kunci yang mudah diingat.cara membuat Qris menggunakan perangkat desktop. Cara Belanja Pakai Qris di Sooltanpay

  7. Bikin PIN

    Nikmati keamanan transaksi, Bikin dan Aktifkan PIN Sooltanpay dimanapun dan kapanpun, anda bisa melakukan aktivasi pin melalui website atau aplikasi Sooltanpay.daftar4 sooltanpay

  8. Baca Syarat dan Ketentuan Sooltanpay

    Setelah aktivasi PIN, anda akan diarahkan ke halaman “syarat dan ketentuan” dari Sooltanpay, serperti berikut:Belanja pakai qris di sooltanpay

  9. Akun Sooltanpay anda Siap digunakan

    Bila sudah klik konfirmasi diatas/menyetujui S&K Sooltanpay, Akun anda sudah bisa diakses. Siap” jadi Sooltan!

    Setelah memiliki akun , Anda dapat akses website Sooltanpay dengan cara login, seperti gambar berikut.step2 sooltanpay

Bikin Akun di Sooltanpay dengan Aplikasi Mobile

Simple kok, Pertama, unduh aplikasi sooltanpay di Google Play store khusus pengguna android atau download aplikasinya di Appstore (bagi pengguna smartphone apple).

Bagi pengguna komputer desktop/laptop, anda juga bisa membuat akun sooltanpay menggunakan komputer atau laptop yang sudah terkoneksi internet. Selanjutnya buka browser favorit dengan cara mengetik https://sooltanpay.id.

Langkah demi langkah Membuat Akun di Sooltanpay melalui Aplikasi kurang lebih hampir sama dengan step by step bikin qris seperti yang telah saya jelaskan diatas, Silahkan dicoba, hehe.

Sebagai informasi, meskipun kita sudah berhasil membuat akun di Sooltanpay, namun kita belum sepenuhnya otomatis aktif Akun QRIS kita, lho. langkah demi langkah diatas merupakan akun standar sebagai pengguna biasa pada umumnya atau konsumen.

Untuk aktivasi akun QRIS, Tahap selanjutnya adalah dengan meng-upgrade akun standar ke akun Premium. Proses ini diperuntukan bagi yang sudah memiliki usaha baik online maupun offline, namun, bisa juga buat anda yang ingin membuka usaha seperti jualan pulsa, bayar tagihan dan sebagainya. Siap jadi SOOLTAN? ikuti terus ya…

Cara Aktivasi QRIS di SooltanPay

cara membuat qris di sooltanpay

Pertama, Buka Aplikasi Sooltanpay, baik menggunakan komputer desktop maupun perangkat mobile dengan cara login terlebih dahulu, setelah masuk, tampilan aplikasi bagi pengguna akan seperti gambar berikut.

Belanja Pakai Qris di Sooltanpay aja
Tampilan Utama Aplikasi Sooltanpay

Langkah kedua, Klik tombol “Upgrade Akun” yang ada di halaman utama aplikasi Sooltanpay, seperti tampilan gambar berikut.

Cara Aktivasi Akun QRIS di Sooltanpay Belanja Pakai Qris
Informasi Manfaat Upgrade Akun di Sooltanpay

Ketiga, Setelah Klik tombol Upgrade Akun, Aplikasi Sooltanpay akan mengarahkan anda ke halaman berikutnya yakni Pengisian data diri melalui sebuah formulir dengan beberapa step sebagai berikut:

1. Melengkapi Data Identitas

Dalam step ini, Silahkan mengisi data yang valid seperti Nama Lengkap, Nomor Handphone, dan Nomor KTP (Kartu Tanda Penduduk) sesuai nama terdaftar.

2. Unggah Legalitas

Setelah mengisi data diri secara lengkap, Selanjutnya, Unggah atau upload file KTP asli serta foto diri bersama KTP.

3. Alamat

Nah di tahapan ini, Silahkan mengisi alamat lengkap Usaha anda.

Setelah proses registrasi dan aktivasi QRIS sudah diselesaikan, Mohon ditunggu 1x dalam 24 jam, akun Qris sudah siap digunakan.

SooltanPay, Buat QRIS Toko, Gratis!

Cara Menggunakan QRIS Sooltanpay

Untuk menggunakan manfaat QRIS dalam transaksi sehari-hari, Anda perlu memindai kode QR yang ditampilkan oleh merchant/toko menggunakan smartphone atau mesin pemindai lainnya.

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan QRIS:

  1. Buka aplikasi layanan pembayaran elektronik yang Anda gunakan untuk membuat QRIS.
  2. Pilih menu “QRIS” atau “Kode Pembayaran” atau sejenisnya.
  3. Pindai kode QR yang ditampilkan oleh merchant menggunakan kamera smartphone Anda atau mesin pemindai lainnya.
  4. Tunggu sistem memproses transaksi.
  5. Transaksi akan selesai jika muncul notifikasi “Transaksi Berhasil” atau sejenisnya di layar smartphone Anda.

Perlu diingat bahwa untuk menggunakan QRIS, Anda harus memiliki saldo atau limit yang cukup di akun layanan pembayaran elektronik yang Anda gunakan. Jika saldo atau limit tidak cukup, Anda tidak dapat melakukan transaksi menggunakan QRIS. Selain itu, pastikan Anda memindai kode QR yang benar agar transaksi dapat berhasil dilakukan.

Pakai Qris Sooltanpay dapat menerima pembayaran dari mana saja

QRIS adalah sistem pembayaran elektronik yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi keuangan di Indonesia. QRIS dapat menerima pembayaran dari merchant yang terdaftar dan telah terintegrasi dengan sistem QRIS. Merchant tersebut dapat berupa toko atau perusahaan yang menjual barang atau jasa, penyedia layanan pembayaran tagihan, dan lain sebagainya.

Untuk dapat menerima pembayaran menggunakan QRIS Sooltanpay, merchant harus mendaftarkan diri dan terintegrasi dengan sistem QRIS. Merchant juga harus menyediakan mesin pemindai atau perangkat lain yang dapat membaca kode QR yang ditampilkan oleh pelanggan.

Pelanggan yang ingin melakukan pembayaran menggunakan QRIS harus memiliki akun di layanan pembayaran elektronik yang mendukung QRIS, seperti mobile banking.

Selain itu, Pelanggan juga harus memiliki saldo atau limit yang cukup di akun tersebut untuk dapat melakukan transaksi menggunakan QRIS.

F.A.Q Seputar QRIS

Apa yang dimaksud QRIS?

QRIS adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

QRIS bisa dipakai dimana saja?

Aplikasi Qris Sooltanpay bisa menerima pembayaran dari Penyelenggara manapun baik bank dan nonbank yang digunakan masyarakat, dapat digunakan di seluruh toko, pedagang, warung, parkir, tiket wisata, donasi (merchant) berlogo QRIS.

Bagaimana cara bikin QRIS?

1. Buka app.sooltanumkm.id/register
2. Klik Daftar Qris Gratis
3. Isi Formulir Pendaftaran
4. Verifikasi OTP
5. Buat Password
6. Buat PIN
7. Setujui S&K Sooltanpay
8. Login di Aplikasi Sooltanpay
9. Klik menu “Upgrade akun”
10. Lengkap formulir denga benar
11. QRIS Sooltanpay Cuma 1 Hari Jadi

QRIS milik siapa?

QRIS dikembangkan oleh Bank Indonesia (BI) dan diterapkan oleh berbagai bank dan perusahaan fintech di Indonesia.

SooltanPay apakah aman?

Aplikasi SooltanPay sebagai aplikasi pembayaran menggunakan teknologi yang mutakhir, memiliki beberapa fitur keamanan yang diterapkan untuk melindungi keamanan transaksi pengguna. Mulai dari verifikasi akun, keamanan transaksi, limit transaksi, OTP, serta terintegrasi dengan QRIS bank Indonesia.

Apakah daftar QRIS bayar?

Daftar QRIS di Sooltanpay tidak dikenakan biaya alias Gratis. Buat pembayaran QRIS gratis MDR 0% di sooltanPay dalam 1 hari kerja.

Romi
Suka Belajar & Praktik Update terbaru terkait Digital Marketing. Memiliki Passion di bidang Hitam Putih SEO, Pemasaran Media Sosial, Pemasaran Email, Analisis Data, Iklan Google, Iklan Media Sosial, Penulisan Konten, dan Mengembangkan Situs Web.