5+ Cara Memasang Google Analytics di Website WordPress dan HTML

5+ Cara Memasang Google Analytics di Website Wordpress dan HTML
Frepik

Cara Memasang Google Analytics di Website WordPress dan HTML.

Punya website? Tapi apakah kamu sudah memegang kendali atas website ? Apakah kamu tahu laman apa yang paling menarik bagi pengunjung?

Ingin memiliki website jualan dengan harga terjangkau, hanya 2jutaan sudah termasuk hosting dan domain selama 1 tahun. Miliki Website Landing Page Jualan Sekarang!

Jika kamu masih belum mampu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, ini adalah waktu yang tepat untuk mempelajari Google Analytics.

Untuk mengetahui informasi detail mengenai website Anda, dibutuhkan informasi seperti perilaku pengunjung website, traffic website, hingga top keywords. Informasi-informasi tersebut tentunya sulit untuk diketahui.

Namun, semua data tersebut dapat Anda peroleh secara detail dan mudah dengan menggunakan Google Analytics. Saat ini, Google Analytics telah menjadi mesin analisis yang banyak dipergunakan untuk melakukan optimalisasi pada website.

Kehadiran produk inovasi dari Google ini sangat membantu manusia dalam meningkatkan kualitas website. Hampir semua website yang ada di internet dapat dimaksimalkan dengan menggunakan Google Analytics. Mempelajari Google Analytics perlahan-lahan menjadi kebutuhan bagi orang yang ingin meningkatkan kualitas website dengan maksimal.

Dengan menggunakan Google Analytics, Anda dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan website Anda. Selain itu, Anda juga mendapatkan data pengunjung website, seberapa lama mereka mengunjungi website, hingga lokasi dari pengunjung website Anda. Semua ini adalah informasi penting bagi Anda yang tertarik untuk memaksimalkan performa website.

Baca Juga: 7 Tips Jitu Strategi Digital Marketing Efektif

Sebelum mengetahui langkah-langkah dalam menggunakan Google Analytics, yuk simak informasi dasar dari teknologi ini terlebih dahulu.

Apa Itu Google Analytics?

Cara Memasang Google Analytics di Website
Google

Google Analytics adalah mesin analisis yang disediakan oleh Google dan dapat diakses secara gratis melalui browser Anda. Dengan menggunakan Google Analytics, Anda dapat melacak, mempelajari perilaku pengunjung, dan masih banyak lagi. Manfaat-manfaat ini berguna untuk membantu Anda dapat membuat strategi dalam meningkatkan kualitas website Anda.

Google Analytics memberikan data informatif dengan fitur statistik dari website Anda. Manfaat ini dapat membantu Anda untuk menentukan konten yang tepat bagi pengunjung Anda. Teknologi ini adalah sebuah alat wajib bagi yang ingin meningkatkan kualitas website.

4 fitur utama Google Analytics

Realtime: Ketahui informasi jumlah pengunjung website Anda, device yang digunakan, pageview per menit dan per detik, top social traffic, hingga top keywords secara realtime. Secara detail, data yang dapat Anda peroleh adalah sebagai berikut:

  • Jumlah pengunjung yang membuka website secara realtime;
  • Pembagian data pengunjung berdasarkan device yang digunakan untuk akses web (dekstop dan mobile);
  • Pageview per menit;
  • Pageview per detik;
  • Top referral;
  • Top social traffic;
  • Top keywords;
  • Top active pages;
  • Top locations.

Audience: Dapatkan informasi jumlah pengunjung, jumlah tayangan, jumlah sesi, hingga demografi pengunjung mulai dari bahasa, negara, dan kota.

  • Jumlah pengunjung;
  • Jumlah tayangan halaman;
  • Jumlah pengunjung baru;
  • Jumlah halaman dibuka pengunjung dalam satu sesi;
  • Jumlah sesi;
  • Jumlah sesi per pengunjung;
  • Bounce rate / sesi pantulan;
  • Demografi pengunjung berdasarkan bahasa, negara, dan kota;
  • Sistem operasi yang digunakan pengunjung;
  • Informasi sistem operasi handphone yang dipakai pengunjung.

Acquisition: Pelajari perilaku pengunjung dan traffic website Anda. Jumlah traffic adalah hal penting bagi Anda untuk mengetahui seberapa banyak pengunjung yang membuka website Anda. Dengan demikian, Anda bisa tahu seberapa populer website Anda di internet.

Behavior: Cari tahu saran terbaik untuk meningkatkan kecepatan website Anda. Mesin analisis ini memberikan rekomendasi-rekomendasi ideal yang sesuai dan Anda dapat memberikan layanan website dengan loading yang cepat bagi pengunjung Anda.

Anda penasaran bagaimana cara menggunakan Google Analytics pada website Anda? Yuk, simak tutorial berikut ini.

Cara Memasang Google Analytics di Website

Sesuai dengan fungsinya, dalam menggunakan Google Analytics, Anda harus mempunyai sebuah website.

1. Miliki akun Google

Akun Google

Tentu saja Anda membutuhkan akun Google untuk dapat menggunakan mesin analisis website ini. Anda bisa membuat akun Google melalui accounts.google.com. Kalau Anda sudah memiliki akun Google, Anda bisa melewati langkah ini.

2. Daftar ke website Google Analytics

Setelah memiliki akun Google, Anda bisa mengunjungi website Google Analytics melalui Google Analytics. Anda bisa klik “Mulai Mengukur”

Halaman utama Google Analytic

3. Lengkapi data di Google Analytics

Untuk URL situs, kami memberikan contoh dengan menggunakan WordPress.

Konfigurasi Kode Pelacakan Google Analytic

3. Dapatkan ID Pelacakan

Dapatkan ID Pelacakan untuk melacak laporan website Anda.

Pasang Google Analytics di Website WordPress (4)

4. Install Plugin di WordPress dan masukkan ID Pelacakan pada pengaturan Google Analytics di WordPress.

Install Plugin Pelacakan Google

5. Apabila Anda tidak menggunakan WordPress, Anda dapat menyalin ID Pelacakan dan Kode Pelacakan.

Masuk ke dashboard website Anda dan cari bagian Template, kemudian Edit HTML. Masukkan kode pelacakan situs di atas kode </head> –>. Selanjutnya, simpan pengaturan tersebut.

Lalu, masuk ke bagian Web Analytics di website Anda dan masukkan ID Pelacakan Google Analytics. Apalagi sudah ada angka yang tersedia dan sama dengan ID Pelacakan Anda, maka Anda tidak perlu menyalin ID Pelacakan tersebut.

6. Lacak laporan website Anda melalui Google Analytics.

Anda telah berhasil memasukkan website Anda ke dalam Google Analytics.

Lacak Laporan Analytic

Mudah bukan? Itulah setp by step cara memasang google analytics di website wordpress maupun html murni.

Sekarang Anda bisa melacak perkembangan website Anda secara rinci dan merencakan strategi terbaik untuk mengoptimalkan website Anda.

Baca Juga: Jualan dulu atau Branding dulu?

Semoga berhasil!

Editor: RMGpage

Baca Juga: Digital Marketing: Arti, Jenis, Manfaat, Contoh, dan Strategi Digital Marketing UMKM

Follow Berita WBSBlog di Google News

Aku suka menulis, mencoba membantu orang memahami tentang dunia pemasaran lewat daring seperti seo,media sosial,e-commerce,startup dan perkembangan teknologi dalam menunjang kehidupan manusia dimasa depan dengan cara yang paling nyaman. Semoga bermanfaat !