Indonesia Website Awards

Cara Membangun Backlink Berkualitas Tinggi Tepat dan Terukur – Trik Jitu SEO 1

Cara Membangun Backlink Berkualitas Tinggi

Cara Membangun Backlink Berkualitas : Link Building sebenarnya sederhana dimana anda akan menulis banyak artikel, mengirimkannya ke situs pengiriman artikel, dan mendapatkan backlink eksternal kembali ke situs Anda.

Selain itu ada kemungkinan tanpa disadari bahwa artikel yang telah dibuat menjadi referensi bagi penerbit artikel dan mendapatkan backlink berupa link juice dari situs lainnya.

Dilansir dari nailpatel.com, cara tersebut tidak berhasil di era pasca-Penguin. Sementara tautan balik atau backlink yang tepat dapat meningkatkan peringkat, pendapatan, dan merek Google Anda, tautan balik yang salah dapat membuat situs Anda dihukum. Anda perlu belajar bagaimana membangun portofolio backlink berkualitas tinggi dengan cara yang benar jika Anda ingin melihat kesuksesan.

Dalam posting cara membangun backlink berkualitas ini, saya akan menunjukkan kepada Anda teknik membangun tautan strategis yang berhasil. Ini terukur, dan ketika Anda menerapkannya ke situs Anda, peringkat Anda akan meningkat. Anda bahkan dapat meningkatkan tingkat konversi Anda karena Anda bekerja sebagai otoritas tinggi pada topik tersebut ke mesin pencari.

Dalam postingan kali ini saya akan mengulas terkait:

  • Memahami apa yang diinginkan Google Search
  • Bagaimana memaksimalkan membangun link
  • Riset dan penargetan kata kunci
  • Cara mendapatkan backlink editorial

Backlink tetap menjadi faktor peringkat Google yang vital. Saat ini, strategi link building yang efektif adalah tentang kepercayaan dan popularitas.

Menurut Quick Sprout, kepercayaan/otoritas domain mewakili 30% dari algoritme peringkat Google.

membuat backlink berkualitas
Sumber : Quick Sprout

Faktor utama SEO bisa memakan waktu lama untuk bekerja adalah tingkat persaingan di industri Anda. Dalam kebanyakan kasus, pesaing Anda secara aktif mengerjakan SEO mereka, artinya SEO adalah upaya berkelanjutan.

Langkah #1 : Paham yang Diinginkan Google

Ketika masuk dalam tahapan cara membangun backlink berkualitas di mesin pencari google (SEO) dan pemasaran online, Google yang menentukan mana yang terbaik agar berhasil. Dengan membuat konten yang selaras dengan misi Google, Kemungkinan besar akan mendapat peringkat lebih tinggi di SERP mesin pencari Google.

Intinya, Jika ingin mendapatkan backlink tanpa dikenakan sanksi, Anda harus memahami dan mengikuti panduan optimasi mesin pencari Google. Jika Anda gagal melakukan itu, teknik-nya tidak akan berhasil.

Sebelum mulai memutuskan membuat backlink dari situs web ke halaman website Anda, tanyakan pada diri Anda:

  • Apakah konten saya terorganisir dengan baik?
  • Apakah saya memberikan informasi yang berguna ke situs yang akan tertaut ke situs saya?

Mari kita bicara tentang pertanyaan pertama karena untuk membangun tautan yang efektif, manajemen struktur website juga tak kalah penting.

Ketika pengunjung datang pertama kali ke website Anda,Pastikan situs Anda mudah dinavigasi.

Mendapatkan navigasi yang benar adalah langkah pertama dalam mengatur konten Anda sehingga pengunjung dan mesin pencari dapat menemukan informasi yang berguna dan relevan. Misalnya posisi menu-menu utama dalam website seperti menu about,menu produk,menu layanan,menu kontak,dan sebagainya, yang biasanya di letakkan di bagian header sebuah website.

Langkah kedua adalah membangun fondasi yang akan membuat situs lain ingin membuat tautan eksternal ke situs Anda.

Katakanlah Anda telah menulis dan menerbitkan posting yang bermanfaat dan ingin mendapatkan peringkat di Google. Anda mungkin menganggap cara terbaik untuk mencapai ini adalah dengan mendapatkan banyak backlink.

Ini tidak benar. Jika Anda membuat tautan ke konten baru terlalu cepat, itu terlihat manipulatif dan itu bisa tanda pinalti bagi Google.

tolak ukur backlink berkualitas
Nailpatel

Solusi yang lebih baik adalah membantu Google menemukan dan mengindeks konten bermanfaat Anda. Kemudian lanjutkan mendapatkan tautan nyata yang dapat meningkatkan peringkat Anda.

Banyak orang menganggap bahwa membangun backlink membuat pikiran jadi puyeng 7 keliling.

Dalam buku Moz “How to Rank,” Cyrus Shepard merekomendasikan bahwa “90% dari upaya terbaik di mesin pencari adalah dengan membuat konten yang berkualitas bagi pembaca, dan 10% untuk membangun link building.” Ini adalah aturan 90/10 dalam link building.

Membangun Backlink Berkualitas
Moz

Shepard menambahkan : bahwa jika Anda berjuang untuk menghasilkan backlink berkualitas tinggi ke situs Anda, kemungkinan Anda telah membalikkan aturan.

Jika Anda ingin sukses dengan membangun link yang terukur, Anda memerlukan konten berkualitas yang akan menjamin PR tinggi (peringkat halaman).

Pembangunan Backlink adalah tentang memposisikan konten Anda dan membuat lebih banyak orang menautkan ke situs Anda.

Tautan eksternal berkualitas tinggi memiliki dua keunggulan utama dibandingkan tautan tradisional: relevansi dan kepercayaan.

Inilah perbedaannya:

Katakanlah Anda memiliki situs gaming dan Anda mendapatkan tautan masuk dari direktori artikel. Google tidak akan melihat tautan situs web itu sebagai relevan dengan subjek situs Anda.

Namun, jika perolehan backlink itu berasal dari situs yang terkait dengan gaming, seperti toko perlengkapan game atau portal game online, Anda tidak hanya akan meningkatkan peringkat Anda, tetapi situs Anda akan relevan dan berharga bagi mereka yang mengunjunginya. Hal itu akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak akuisisi backlink dan mencapai PR (Pagarank) tertinggi.

Cara paling sederhana adalah dengan mencari kata kunci google yang memunculkan situs yang relevan dengan bidang Anda. Anda dapat menyaringnya dari para pesaing Anda.

Setelah Anda mengidentifikasi beberapa situs, maka Anda perlu menelitinya lebih lanjut untuk mencari tahu mana yang paling membantu dalam upaya membangun tautan situs Anda. Anda harus mempertimbangkan faktor-faktor berikut.

1.Domain Authority

Penting untuk mengetahui otoritas domain situs yang Anda pertimbangkan dalam menjalin kerjasama upaya membangun backlink ke situs anda.

2.Domain Relevancy

Relevansi domain juga merupakan faktor kunci peringkat Google dan sangat penting jika Anda ingin menghindari dampak Google Penguin pada peringkat mesin pencari Anda.

3.Anchor Text

Jika Anda ingin meningkatkan upaya backlink eksternal, Anda harus menggabungkan relevansi domain dengan teks jangkar/ anchor text yang tepat.

Anchor text penting ketika menilai kualitas situs. Saat Anda membuat tautan eksternal dari luar situs, Anda harus menggunakan nama brand Anda dengan variasi kata kunci lainnya.

Misalnya, jika situs Anda adalah gamebocah.com, situs gaming online, Anda dapat menggunakan salah satu dari variasi anchor text ini untuk menghasilkan tautan balik:

  • game online gamebocah
  • gamebocah gaming
  • situs game online bocahgame untuk pemula

Anda juga dapat memvariasikan anchor text dengan menggunakan URL dengan kata kunci target Anda:

  • http://gamebocah.com situs game online
  • http://gamebocah.com portal gaming online

Dengan pendekatan yang tepat untuk konten berkualitas, relevansi domain, trust flow, dan teks anchor, Anda akan menikmati manfaat trafik nyata dan backlink eksternal ke situs Anda.

P.S : Memiliki kehadiran bisnis secara online atau minat Anda sangat penting di dunia saat ini yang saling terkoneksi satu sama lain, tetapi platform apa yang terbaik untuk Anda? Jika Anda baru memulai dan berpikir — bagaimana cara membuat situs web? Di mana saya menghostingnya? Coba Simak Perbedaan Wix dan WordPress sebagai bahan pertimbangan.

Kesimpulan:

Anda harus memperhatikan website anda dari semua aspek jika ingin membangun backlink berkualitas yang sukses dan terukur. Anda harus mempertimbangkan hal-hal seperti konten berkualitas, navigasi situs yang mudah, CTA yang efektif, dan sebagainya.

Dengan mengambil pendekatan holistik untuk meningkatkan situs web dan strategi pemasaran, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan backlink dari sumber berkualitas, yang pada akhirnya akan mendapatkan backlink berkualitas dari situs otoritas tertinggi.

Pembuatan backlink telah menjadi strategi yang efektif untuk mencapai PR tinggi dengan peringkat Google, bahkan sebelum pembaruan Panda pertama.

Sumber Referensi : Nailpatel.com

Jika Anda butuh bantuan membuat backlink berkualitas atau bantuan dengan strategi dan manajemen pemasaran digital secara umum, hubungi WBS untuk konsultasi. Kami siap membantu!

Apakah anda sudah membangun link berkualitas yang terukur?

Baca juga: Panduan Backlink

Romi
Suka Belajar & Praktik Update terbaru terkait Digital Marketing. Memiliki Passion di bidang Hitam Putih SEO, Pemasaran Media Sosial, Pemasaran Email, Analisis Data, Iklan Google, Iklan Media Sosial, Penulisan Konten, dan Mengembangkan Situs Web.