Indonesia Website Awards

12+ Indikator Utama Cara Meningkatkan SEO Website

cara meningkatkan seo website 2022

Cara Meningkatkan SEO Website : Simak dan Pelajari apa saja 12+ faktor utama SEO agar hasil rangking peringkat website bisnis anda tidak mengecewakan dan pastinya website usaha menjadi Top Rangking di SERP Google Indonesia.

Cara Meningkatkan SEO pada Website

Bila Anda masuk lebih dalam, rupanya seo itu bukan hanya berbicara mengenai rangking saja. Kenyataannya, Search Engine Optimization sanggup tingkatkan kualitas dan jumlah trafik yang masuk ke blog ataupun website utama Anda.

Artinya, pengunjung bukan hanya asal singgah ke web Anda. Tetapi, ikut juga memperlancar Anda dalam meraih trafik web. Baik itu tingkatkan branding sampai menigkatkan angka transaksi penjualan produk.

Tentu, Anda semakin tertarik belajar apakah itu SEO, kan? Tanpa lama, silahkan selesaikan rasa ingin ketahui Anda di artikel ini!

Apa itu SEO?

SEO ialah singkatan dari “Search Engine Optimization”. Tehnik ini sebagai usaha optimasi web supaya mendapatkan rangking paling atas pada hasil penelusuran Google.

Pertanyaannya, dari beberapa mesin pencari seperti Yahoo!, Bing, Amazon, dll), mengapa sih harus memprioritaskan mesin pencari Google?

Simple saja : Google ialah mesin pencari favorite untuk sebagian besar pemakai internet.

Faktanya, tiap hari ada sekitaran 3,5 miliar penelusuran melalui Google. Tidaklah aneh, Google kuasai 90% market share mesin perayap (Statista).

Oleh karena itu, SEO Google cukup menentukan kesuksesan situs. Dengan seo yang oke, web akan menjala semakin banyak kekuatan trafik.

Bahkan kenyataannya, 53% trafik web tiba dari penelusuran organik (SEO). Penelusuran organik yakni kegiatan cari info dengan masukkan kata kunci tertentu ke Google.

Dan bukan sekedar trafik, capaian audience Anda pun pas alias sama sesuai arah situs (tingkatkan branding, berbisnis, sumber info, dan lain-lain). Ingin tahu kan mengapa bisa terjadi demikian? Simak terus ya…

Ada 12+ Indikator Utama Cara Meningkatkan SEO Website

cara meningkatkan seo website
freepik

Indikator Utama SEO yakni beberapa hal yang dipandang Google untuk putuskan apa halaman web pantas atau mungkin tidak mendapatkan rangking paling atas di SERP. artinya, sinyal SEO ialah faktor yang penting Anda usahakan saat optimasi sebuah website.

Baca Juga : Cara Membangun Backlink Berkualitas Tinggi yang Tepat dan Terukur

1. Domain

Domain ialah alamat satu web, Misalkan: www.tokobaju.com.

Bikin nama domain website yang terang dan gampang diketik.

Ukuran domain.

Domain yang panjang akan semakin sulit untuk dimengerti baik Google dan audience. Seperti www.tokoniaunikdancantiksekali.com;

Umur domain.

Sebetulnya, umur domain tidak begitu punya pengaruh untuk SEO. Tetapi, makin Anda optimasi web sejak lama, SEO-nya akan semakin oke;

2. Aged Domain

Aged domain ialah domain milik orang lain yang sudah tidak digunakan lagi, tetapi masih terus diperpanjang masa aktif website tersebut.

Namun bila aged domain tersebut memiliki riwayat spam oleh mesin pencari, bisa jadi memiliki pengaruh terhadap performa website anda. Tentu ada solusinya, dengan meyingkirkan riwayat backlink spam dari search engine. ( kita akan bahas di artikel tersendiri terkait maintenance website yang terdampak spam).

3. Desain serta Struktur Website

Pada ulasan Technical SEO, Anda sudah mengetahui sepintas keutamaan susunan web, yakni: mengoptimalkan perform situs dan mempermudah Google pahami struktur situs.

Sebagai pengingat, susunan web ialah formasi halaman-halaman utama di web, terhitung elemennya. Seperti formasi isi, navigasi, link, dan layout content, dan lain-lain.

Mengapa hal ini Penting? tujuannya adalah sbb:

  • Susunan web rapi;
  • Navigasi menu jelas;
  • Judul konten dan URL unik;
  • Konten Berkualitas;
  • Warna yang pas;
  • Tampilan stabil di setiap browser;
  • Call to action jelas;
  • Form sederhana
  • Responsive untuk semua perangkat
  • dan sebagainya.

4. Keamanan Web (SSL/TLS)

Semenjak 2014, Google memprioritaskan beberapa situs yang aman untuk audience. Langkah Google mengenal keamanan situs yakni dengan menyaksikan apa situs memasangkan SSL/TLS atau mungkin tidak.

Sebagai informasi, SSL/TLS sebagai prosedur keamanan membuat perlindungan semua saluran data pada web. Web yang memasangkan SSL/TLS tentu punyai pertanda kunci gembok pada URL di address bar.

Jika menyaksikan diagram itu, Anda dapat tarik ringkasan jika makin cepat page load web, karena itu bounce rate menjadi kecil dan page viewsnya semakin bertambah.

Bounce rate ialah prosentase pengunjung langsung tinggalkan situs tanpa buka halaman lain pada web. Kebalikannya, page views ialah jumlah halaman yang dibuka oleh pengunjung pada satu web yang serupa.

WBS

Nach, salah satunya langkah melesatkan kecepatan web yakni dengan pilih hosting yang menggunakan server terbaik. LiteSpeed Situs Server, misalkan.

5. Kata kunci

Tentunya, Anda sudah mengetahui jika kata kunci ialah tanda SEO yang cukup fundamental. Karena, masukkan keyword ke Google ialah langkah audience mendapati web Anda.

Umumnya, pemula atau ahli SEO pilih kata kunci yang punyai volume besar. Karena, volume besar menggambarkan jumlahnya audience yang cari tahu info dalam kata kunci itu.

Sayang, kompetisi kata kunci memiliki volume besar cukup susah. Apa lagi untuk situs-situs yang baru launching dan kalah atas website yang telah lebih dulu punyai trafik.

Karenanya, taktik pemakaian kata kunci juga berubah. Anda dapat mengincar beberapa kata kunci sekalian: LSI (Latent Semantic Indexing) atau Long tail kata kunci.

Bukan persamaan kata, LSI kata kunci sebagai istilah atau kalimat yang dipandang berkaitan secara semantik oleh mesin perayap. Dengan menambah LSI, content juga makin kaya info.

Selanjutnya, long tail kata kunci. Long tail kata kunci yakni keyword detil yang umumnya kompetisinya condong rendah. Tetapi walau volumenya rendah, belum pasti tidak ada yang menelusurinya.

Oleh karenanya, long tail kata kunci memungkinkannya Anda memenangi kompetisi Google sekalian jawab pertanyaan detil audience.

Google memungkinkan meranking situs Anda sesuai sasaran kata kunci.

6. Topik Content

Tanda SEO selanjutnya, topik content. Walau kelihatan remeh, salah tentukan topik content dapat berpengaruh fatal.

Lho, ini web saya tetapi periode milih topiknya tidak dapat bebas?

Ini, Anda bebas pilih topik apa saja. Walau demikian, upayakan topik content yang Anda tentukan sama-sama terkait.

Misalkan, Anda punyai website tehnologi. Sediakanlah beberapa topik khusus seperti digital pemasaran, situs development dan desain, dll. Semua topik ini sama-sama terkait dengan topik khusus website, yakni tehnologi.

Mengapa harus demikian? Argumennya simpel: makin bertambah content yang topiknya sama-sama terkait, makin gampang mesin perayap pahami kerangka web Anda.

Karena, info satu content dengan content yang lain sama-sama memberikan dukungan hingga gampang untuk menyelipkan link terkait.

Panduan Gampang!

Aplikasikanlah taktik konten pemasaran, yakni tehnik pemasaran untuk membikin sampai membagikan content yang berkaitan, penting, dan stabil untuk audience.

7. Search Intent

Search intent ialah arah pemakai saat mencari kata kunci penelusuran.

Misalkan, saat audience masukkan keyword ‘jasa pembikinan website’ di Google. Kemungkinan, mereka mencari service membuat web.

Terang, hasilnya akan berlainan bila audience menuliskan kata kunci ‘tips buka jasa pembikinan web.’ Mereka kemungkinan sedang tertarik buka jasa pembikinan web dan cari tahu langkah mengawalinya.

Oleh karenanya, SERP juga membawa referensi panduan buka jasa pembikinan web.

Itu maknanya, Google usaha pahami tujuan pemakainya lewat kata kunci yang masuk. Dalam kata lain, kata kunci dengan content yang Anda bikin harus serelevan kemungkinan dengan search intent audience.

8. Susunan Content

Tanda SEO selanjutnya, susunan content.

Salah satunya langkah Google untuk membaca content Anda yakni menyaksikan pemakaian headingnya. Heading ialah judul dari sisi artikel yang berisi info tertentu.

Pemakaian heading juga tidak asal-asalan. Walau ada H1 (judul khusus content) sampai H6 (sub-judul), Anda harus pahami hierarkinya. Makin dekati H6, informasi yang Anda beri juga harus makin detil.

Selainnya mempermudah Google membaca susunan content, pola heading akan mempermudah audience dalam tangkap pokok content dengan cepat.

Dari heading juga Google dan audience dapat memandang apa content Anda menjawab search intent mereka.

9. Optimisasi Gambar

Salah satunya komponen yang kerap orang remehkan walau sebenarnya cukup berpengaruh pada SEO web yakni gambar. Baik itu sampul content, contoh simpatisan, video, atau pola visual yang lain.

Walau sebenarnya, gambar SEO sanggup mengangkat perform web Anda. Karena, algoritme Google sanggup membaca gambar yang Anda publish.

Oleh karenanya, optimisasi gambar jadi tanda SEO yang perlu Anda lihat. Langkah optimasi gambar search engine optimization yakni dengan pastikan pemberian nama file-nya pas, pilih gambar sama ukuran yang sama sesuai, dan lain-lain.

10. Susunan URL

URL alias permalink sebagai link yang hendak mengantar audience ke content atau halaman web tertentu.

Dengan susunan URL yang simpel dan terang keywordnya, karena itu mesin perayap makin gampang dalam pahami topik halaman situs itu.

Panduan gampangnya adalah:

Buat susunan URL yang memiliki kandungan nama domain dan judul artikel atau keyword khusus. Contoh: www.websiteanda.com/jam-tangan-pria

11. Meta Tag

Meta tag terbagi dalam judul tag dan meta description. Judul tag ialah judul artikel yang ada pada hasil penelusuran. Dan meta description yaitu rangkuman content Anda yang ada di bawah meta tags.

Karena meta tag ialah yang pertama audience saksikan saat sebelum masuk ke content Anda, hadirnya cukup penting. Dengan meta tags, audience bisa memandang apa content itu sesuai tujuan penelusuran mereka atau mungkin tidak.

Penting Anda ketahui, karena ruangan dari Google terbatas, ukuran meta tags harus sesuaikan.

Di bagian SEO Off Page, Anda telah sepintas mengenali back-link. Back-link ialah link dari web tetangga yang ke arah web Anda.

Tanda SEO ini cukup penting, karena jadi pemikiran Google dalam memandang integritas web. Masalahnya saat content Anda jadi rekomendasi oleh web lain itu maknanya isi content yang Anda bikin memang berguna.

Tetapi, Anda tidak asal dapat memperoleh back-link dari sembarangan web atau website. Tentunya, website yang memberi back-link itu harus berkualitas.

Semakin tinggi score DA dan PA, kesempatan halaman web ada di rangking paling atas juga bertambah.

13. Situs Spamming

Situs spamming ialah komunikasi melalui web secara massal dan terlalu berlebih. Misalkan, membombardir satu buah artikel pendek dengan beberapa ratus kata kunci yang serupa. Maksudnya, untuk memenangi kompetisi SEO.

Umumnya, yang lakukan situs spamming ialah mereka yang belum terlampau memahami langkah kerja SEO atau orang yang ingin mengalahkan halaman penelusuran secara instant dan nakal.

Walau sebenarnya, Google tidak menyenangi website yang banyak nge-spam, lho. Karena, situs spamming akan menghancurkan pengalaman pengguna audience dan sekalian turunkan integritas web.

Ada banyak tipe situs spamming yang sering orang kerjakan:

  • Konten based spamming, yakni kegiatan spamming yang sudah dilakukan pada content. Seperti lakukan kata kunci stuffing (masukkan keyword secara berlebihan);
  • Comment spamming, yaitu spamming pada kotak kometar web tetangga dengan masukkan link web punya sendiri;
  • Link spamming, sebagai aktivitas spamming dengan membombardir basis tertentu dengan back-link terlalu berlebih. Baik itu di komunitas online, guest website, dan lain-lain.

Jadi meskipun optimasi SEO web itu wajib, Anda harus memerhatikan batasan kewajaran dan tidak lakukan langkah nakal.

Apa lagi, Google makin pintar dalam memandang tingkat spamming web hingga tanpa enggan-segan singkirkan website yang melakukan.

Untuk Meningkatkan SEO Website, Apa Saja Factor Peringkat Website?

Cara Meningkatkan SEO Website
freepik image

Dari ulasan awalnya, Anda ketahui jika tanda SEO ialah metrik yang dipandang Google untuk memandang kelaikan web dan isinya.

Tips lain cara meningkatkan seo website:

  • Relevancy,Yakni keterikatan jalinan di antara keperluan audience dengan info yang disediakan;
  • Authority, yaitu tingkat integritas web atau content dalam menyuguhkan informasi yang tepat dan berkaitan;
  • Value, sebagai kualitas web sampai content untuk memberi faedah untuk audiens;
  • User Experience, yakni pengalaman audience saat mereka berhubungan dengan web dan semua komponen didalamnya.

Selainnya factor SEO di atas, rangking web tentu dikuasai oleh algoritme Google. Dasar Google dalam memandang web ini mempunyai mekanisme yang terus-terusan diperbarui untuk memberi search pengalaman terbaik.

Artinya, algoritme Google ada untuk penuhi keperluan audience .

Telah Siap Mengaplikasikan Cara meningkatkan SEO WEBSITE?

Saat ini, Anda telah lebih memahami jika SEO ialah langkah optimasi web agar nangkring di halaman paling atas Google.

Dengan mengaplikasikan SEO web yang pas, Anda akan kebanjiran trafik dan mendapatkan faedah banyak.

Menang dalam SEO seperti memenangkan perlombaan mobil. SEO On-Page Anda adalah mobil Anda, dan tautannya adalah gas Anda dimasukkan ke dalamnya. Jika Anda tidak membuat mobil yang bagus, itu tidak akan pergi ke mana pun meskipun menggunakan bahan bakar terbaik.

WB SEO

Bingung cara Meningkat SEO website ?, Silahkan mengujungi Jasa SEO Profesional dari WBS Indonesia.

Semoga Bermanfaat !

Ayu Mulyono
Aku suka menulis, mencoba membantu orang memahami tentang dunia pemasaran lewat daring seperti seo,media sosial,e-commerce,startup dan perkembangan teknologi dalam menunjang kehidupan manusia dimasa depan dengan cara yang paling nyaman. Semoga bermanfaat !