Indonesia Website Awards

Toptrending! Open AI Chat Bot, ChatGPT Bahasa Indonesia tandingan Google

Toptrending! Open AI Chat Bot, ChatGPT Bahasa Indonesia tandingan Google
hitc.com

Open AI Chat Bot, ChatGPT menjadi viral dan menjadi perbincangan banyak orang di platform media sosial seperti Twitter dan TikTok karena kemampuan yang ditunjukkannya.

Apa itu ChatGPT?

Dilansir dari Wikipedia ChatGPT adalah prototipe chatbot kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh OpenAI yang berspesialisasi dalam dialog. Chatbot adalah model bahasa besar yang disesuaikan dengan teknik pembelajaran yang diawasi dan penguatan. Ini didasarkan pada model GPT-3.5 OpenAI, versi perbaikan dari GPT-3.

ChatGPT diluncurkan pada November 2022 dan telah menarik perhatian karena tanggapan terperinci dan jawaban yang diartikulasikan, meskipun keakuratan faktualnya telah menuai banyak kritikan, namun hingga saat ini masih banyak yang menggunakan Chatgpt tersebut.

Baca juga: Aplikasi Crypto Terbaik Indonesia

Open AI Chat Bot: ChatGPT X Google

open ai chat bot chatgpt bahasa indonesia

Sejumlah pihak menilai, kehadiran Open AI Chat Bot ini bisa mengakhiri era monopoli kejayaan Google.

Mengutip dari laman NyPost.com ChatGPT bahkan telah mengumpulkan lebih dari 1 juta pengguna di seluruh dunia dengan fungsi-fungsi canggihnya. Ada beragam hal yang bisa dilakukan oleh ChatGPT seperti menulis esai kompleks, menuliskan kode pemrograman secara instan.

Bahkan, Chatgpt bisa menuliskan puisi dan lelucon, keren kan.

Pengembang Gmail Paul Buchheit menyampaikan Google mungkin tak akan lagi memonopoli pencarian online dengan hadirnya ChatGPT.

Google mungkin akan bertahan satu atau dua tahun lagi dengan kehadirannya. AI akan menghilangkan halaman hasil mesin pencari, di mana mereka menghasilkan Sebagian besar uang mereka.

Tulis Paul

Menurutnya bahkan jika Google mengejar teknologi artificial intelligence (AI) mungkin mereka tak sepenuhnya bisa menggunakannya lantaran Google harus mengubah total bisnisnya.

Cara Kerja Open AI Chat Bot Chatgpt

ChatGPT bekerja dengan menerapkan algoritma Reinforcement Learning from Human Feedback (RLHF) di mana algoritma tersebut bekerja berdasarkan tanggapan manusia.

Nantinya hasil algoritma ini ditampilkan dalam antarmuka berupa obrolan intuitif sehingga membuatnya terlihat lebih manusiawi dibandingkan mesin telusur.

Sebagai contoh, jika selama ini kita mencari “Berapa dosis maksimal vitamin D per hari” maka mesin telusur akan memberikan hasil berupa tautan ke link misal Healthline.com yang kemudian pengguna akan membaca laman tersebut.

Namun saat mengajukan pertanyaan kepada Open AI maka Anda akan menemukan jawaban yang sudah dirumuskan dari berbagai disertasi yang mendalam.

ChatGPT sangat bagus. Kami tidak jauh dari AI yang sangat kuat dan berbahaya.

Cuitan Elon Musk yang juga merupakan investor awal dari Open AI yang merupakan laboratorium penelitian AI terkemuka dibalik ChatGPT.

ChatGPT bekerja dengan menggunakan kombinasi algoritma canggih dan kecerdasan buatan untuk memahami maksud di balik kueri pangguna.

Sehingga saat mencari informasi, pengguna bisa menggunakan bahasa alami tanpa perlu memikirkan kata kunci yang tepat untuk menemukan informasi.

Cara Login/ Daftar di ChatGTP

Simak step by step Chatgpt login

  1. Klik https://chat.openai.com/ dan ‘login’ dengan akun OpenAI. Jika belum memiliki akun, silakan lakukan ‘sign up’ terlebih dahulu. Selain itu chatgpt login juga bisa dilakukan dengan mendaftarkan Google Account atau Microsoft Account.
  2. Masukan data yang diminta untuk menyelesaikan proses pendaftaran akun.
  3. Verifikasi akun melalui pesan yang dikirim via pesang singkat yang masuk ke nomor kontak atau pilih verifikasi menggunakan nomor whatsapp.
  4. Setelah berhasil, silakan login.
  5. Sekarang Anda sudah bisa memasukkan kalimat pertanyaan atau perintah pada kolom percakapan yang tersedia.

Setelah itu, Anda akan langsung bisa melihat responsnya dalam bentuk teks dari ChatGPT.

Contoh hasil testing admin

Contoh hasil Open AI Chat Bot Chatgpt
Hasil testing Chatgpt

Selamat mencoba!

Sumber referensi:

  • https://www.kompas.com/tren/read/2022/12/12/113000165/mengenal-chatgpt-yang-disebut-akan-akhiri-google-ini-cara-pakainya?page=all
  • https://infokomputer.grid.id/read/123611218/lagi-viral-apa-itu-chatgpt-dan-bagaimana-cara-menggunakannya?page=2

Baca juga artikel menarik lainnya dibawah ini:

Aplikasi PINTU
Belajar SEO EAT
Tips-tips marketing online

Romi
Suka Belajar & Praktik Update terbaru terkait Digital Marketing. Memiliki Passion di bidang Hitam Putih SEO, Pemasaran Media Sosial, Pemasaran Email, Analisis Data, Iklan Google, Iklan Media Sosial, Penulisan Konten, dan Mengembangkan Situs Web.