Indonesia Website Awards

Backlink Guide : Panduan Lengkap Backlink 2023 (GRATIS)

apa itu backlink
Foto: Freepik

Backlink merupakan salah satu cara dari strategi SEO yang efektif belakangan ini, mengingat pertumbuhan situs-situs terbaru yang butuh dorongan otoritas dari situs lainnya.

Backlink adalah tautan yang terdapat pada sebuah situs web yang mengarah ke situs web lain. Tautan balik bermanfaat untuk meningkatkan popularitas dan kepercayaan sebuah situs web di mata mesin pencari seperti Google.

Selain itu, bergabung dengan forum yang relevan dengan niche situs web Anda. Kemudian, menjadi anggota guest blogger di situs web lain, kerjasama dengan situs web lain untuk saling memberikan tautan. Sebagai tambahan, sebaiknya hindari praktik-praktik yang tidak etis dalam upaya mendapatkan backlink, seperti membeli backlink atau menyebarkan tautan secara spam.

Jadi, sebaiknya fokus pada cara-cara yang etis untuk mendapatkan backlink. Seperti, menulis konten yang berkualitas dan menarik atau bergabung dengan forum yang relevan dengan niche situs web Anda.

Secara umum, back link adalah faktor penting dalam SEO.

Dengan memahami konsep dan cara mendapatkan backlink yang baik, Anda dapat meningkatkan kredibilitas dan visibilitas situs web Anda.

Link building merupakan salah satu strategi Search Engine Optimization untuk meningkatkan popularitas dan peringkat di mesin pencari seperti Google.

Baca juga: Profesi SEO Specialist : Kerja Fleksibel dan Bergaji Tinggi! Berminat? Simak Panduan Lengkapnya disini!

Backlink bermanfaat untuk meningkatkan popularitas dan kepercayaan sebuah situs web di mata mesin pencari seperti Google.

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari backlink:

1. Meningkatkan peringkat situs di mesin pencari

back linkdapat memberikan dampak yang signifikan terhadap peringkat situs web di mesin pencari seperti Google.

2. Meningkatkan traffic situs web

back linkdapat membawa pengunjung ke situs web Anda dari situs web lain yang menautkan ke situs Anda. Hal ini akan meningkatkan traffic situs web Anda dan dapat mengakibatkan peningkatan penjualan atau keuntungan lainnya.

3. Menambah kepercayaan terhadap situs web

Ini dapat membantu dalam meningkatkan tingkat konversi atau meningkatkan keuntungan lainnya.

4. Meningkatkan brand awareness

Ini dapat membantu dalam meningkatkan citra perusahaan Anda di mata pengunjung situs web lain.

5. Added Value bagi Pengunjung

Ini dapat membantu dalam meningkatkan kepuasan pengunjung terhadap situs web Anda.

Baca juga: Cara Membangun back linkBerkualitas Tinggi Tepat dan Terukur

Back link dofollow merupakan tautan yang paling bermanfaat dari segi SEO (Search Engine Optimization) karena memberikan “nilai” kepada situs web yang dituju, sehingga dapat meningkatkan popularitas dan peringkat situs web di mesin pencari.

Contoh tautan dofollow :

<a href=”http://example.com/”>example</a>

Nofollow Backlinks adalah tautan yang tidak memberikan “nilai” atau “kepercayaan” kepada situs web yang dituju. back linknofollow dibuat dengan menambahkan atribut “rel = nofollow” pada tautan. Mesin pencari akan mengetahui bahwa tautan tersebut tidak memberikan “nilai” kepada situs web yang dituju dan tidak akan mengikuti tautan tersebut.

Contoh tautan nofollow:

<a href=”http://example.com/” rel=”nofollow”>example</a>

Back link dofollow bermanfaat dari segi SEO, sedangkan back link nofollow bermanfaat dari segi traffic dan untuk menghindari spam.

Internal back linkadalah tautan yang terdapat pada sebuah situs web yang mengarah ke halaman lain di dalam situs yang sama.

Contoh back link internal adalah tautan yang mengarah ke halaman “Tentang Kami” dari halaman “Beranda” atau tautan yang mengarah ke halaman produk dari halaman kategori produk. back linkinternal dapat ditemukan pada menu navigasi, konten, atau widget di situs web.

Internal Backlink dapat membantu mesin pencari untuk mengidentifikasi halaman-halaman yang penting di sebuah situs web dan membantu dalam menentukan peringkat situs web di mesin pencari. back linkinternal juga dapat membantu pengunjung untuk menemukan informasi yang relevan di situs web dan meningkatkan pengalaman pengunjung.

Eksternal back linkadalah tautan yang terdapat pada sebuah situs web yang mengarah ke halaman lain di luar situs yang sama.

Misalnya, jika sebuah blog menulis artikel yang berkaitan dengan topik yang sama seperti situs web Anda, dan memberikan tautan ke situs web Anda di dalam artikel tersebut, itu dianggap sebagai back linkeksternal.

Oneway back linkadalah tautan yang hanya diterima oleh satu situs web tanpa ada tautan balik.

Jadi, back linkone-way hanya memberikan link juice pada situs yang menerima link tanpa memberikan link juice pada situs yang dituju.

Backlink merupakan tautan yang terdapat pada sebuah situs web yang mengarah ke situs web lain. Backlink bermanfaat untuk meningkatkan popularitas dan kepercayaan sebuah situs web di mata mesin pencari seperti Google.

Ada beberapa cara memperoleh backlink yang perlu diketahui, yaitu:

Backlink natural adalah tautan yang tercipta secara alami karena orang lain merasa tertarik dengan konten yang terdapat pada situs web Anda dan ingin membagikannya kepada orang lain melalui tautan.

Backlink Self-created adalah tautan yang Anda buat sendiri dengan tujuan untuk meningkatkan popularitas situs web Anda di mata mesin pencari. Self-created backlink dapat dibuat dengan cara menulis komentar di forum atau blog lain yang relevan dengan niche situs web Anda atau dengan menyertakan tautan ke situs web Anda pada profil jejaring sosial.

Backlink Reciprocal adalah tautan yang diberikan oleh situs web lain ke situs web Anda setelah Anda memberikan tautan ke situs web tersebut. Reciprocal backlink dapat dibuat dengan cara bertukar tautan dengan situs web lain yang relevan dengan niche situs web Anda.

Backlink Paid adalah tautan yang dibeli dengan uang. Backlink Berbayar dapat diterima dari situs web lain yang menawarkan jasa pemasangan backlink dengan harga tertentu.

Perlu diketahui Backlink profile adalah koleksi semua backlink yang terdapat pada sebuah situs web. Backlink profile dapat dianggap sebagai sebuah “sertifikat” kepercayaan yang diberikan oleh situs web lain kepada sebuah situs web. Semakin banyak situs web yang memberikan backlink kepada sebuah situs web, maka semakin tinggi pula kepercayaan mesin pencari terhadap situs tersebut.

Dalam praktik seo, Contextual Backlink adalah tautan yang terdapat pada konten yang relevan dengan niche situs web yang dituju.

Untuk memperoleh backlink contextual yang berkualitas, sebaiknya fokus pada cara-cara yang etis seperti dengan menulis konten yang berkualitas dan menarik atau bergabung dengan forum yang relevan dengan niche situs web Anda.

Social bookmark backlink adalah tautan yang didapat dari proses menyimpan halaman web ke dalam situs jaringan sosial bookmarking. Ini adalah cara lain untuk mendapatkan backlink ke situs web Anda.

Situs jaringan sosial bookmarking adalah situs web yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengelola, dan berbagi tautan ke halaman web yang mereka sukai.

Social media backlink adalah tautan yang didapat dari proses berbagi konten di jaringan media sosial. Ini adalah cara lain untuk mendapatkan back link ke situs web Anda.

Setiap kali seseorang berbagi konten tersebut dan menyertakan tautan ke situs web Anda, itu akan menjadi back link eksternal untuk situs web Anda.

Ini adalah salah satu cara untuk mendapatkan back link ke situs web Anda.

Beberapa blog atau situs web memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk meninggalkan komentar dan menyertakan tautan ke situs web mereka.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa komentar yang Anda tinggalkan relevan dan tidak mengandung unsur-unsur spam.

Document backlinks adalah tautan yang didapat dari proses menambahkan tautan ke dalam dokumen seperti PDF, Word, atau PowerPoint yang diunggah ke situs web atau di bagikan di jaringan sosial.

Contohnya, jika Anda membuat presentasi dan membagikannya di slide-sharing sites seperti Slideshare, Anda dapat menambahkan tautan pada setiap slide yang mengarah ke situs web Anda. Dengan demikian setiap orang yang mengunduh atau melihat presentasi tersebut akan menemukan tautan ke situs web Anda.

Tautan balik gambar adalah tautan yang diperoleh dengan menautkan ke gambar yang diunggah ke situs web atau dibagikan di jejaring sosial.

Banyak situs web yang memberikan kesempatan untuk menambahkan tautan pada sidebar mereka, baik dalam bentuk tautan teks maupun tautan banner.

Menurut RMGPage, tidak semua backlink sama bermanfaatnya.

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam memperoleh backlink, yaitu relevansi, kepercayaan, dan popularitas situs web yang memberikan backlink.

Backlink dari situs web yang relevan dengan niche situs web Anda, memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi, dan memiliki traffic tinggi akan memberikan dampak yang lebih besar pada peringkat situs web Anda di mesin pencari.

RomiGulo

Untuk mendapatkan backlink yang berkualitas, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, diantaranya:

  1. Menulis konten yang berkualitas dan menarik sehingga orang lain akan tertarik untuk membagikan tautan ke konten tersebut.
  2. Menjadi anggota forum dan menulis komentar yang bermanfaat pada thread yang relevan dengan niche situs web Anda.
  3. Mengikuti event atau lomba.
  4. Menjadi anggota guest blogger di situs web lain.
  5. Menjalin kerjasama dengan situs web lain untuk saling memberikan tautan.

Sebaiknya hindari praktik-praktik yang tidak etis dalam upaya mendapatkan backlink, seperti membeli backlink atau menyebarkan tautan secara spam. Hal tersebut dapat menurunkan kepercayaan mesin pencari terhadap situs web Anda dan berpotensi mengakibatkan penalisan.

Jadi, backlink merupakan salah satu faktor penting dalam SEO (Search Engine Optimization). Namun, sebaiknya hindari praktik-praktik yang tidak etis dalam upaya mendapatkan backlink.

Baca juga: 12+ Indikator Utama Cara Meningkatkan SEO Website

Apa yang dimaksud dengan backlink?

Backlinks adalah merupakan tautan yang terdapat pada sebuah situs web yang mengarah ke situs web lain. Backlink bermanfaat untuk meningkatkan popularitas dan kepercayaan sebuah situs web di mata mesin pencari seperti Google.

Bagaimana cara membangun backlink?

Untuk membangun backlink yang berkualitas, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, diantaranya:
1. Menulis konten yang berkualitas dan menarik sehingga orang lain akan tertarik untuk membagikan tautan ke konten tersebut. Pastikan untuk menyertakan tautan ke situs web Anda pada konten yang dibuat.
2. Menjadi anggota forum dan menulis komentar yang bermanfaat pada thread yang relevan dengan niche situs web Anda. Jangan lupa untuk menyertakan tautan ke situs web Anda pada profil forum yang Anda miliki.
3. Mengikuti event atau lomba yang diselenggarakan oleh situs web lain dan menyertakan tautan ke situs web Anda sebagai syarat keikutsertaan.
4. Menjadi anggota guest blogger di situs web lain dengan menulis artikel berkualitas dan menyertakan tautan ke situs web Anda di dalamnya

Apakah backlink penting?

Backlink merupakan salah satu faktor yang diperhitungkan oleh mesin pencari seperti Google dalam menentukan peringkat sebuah situs web. Backlink dianggap sebagai tanda kepercayaan terhadap sebuah situs web, sehingga semakin banyak backlink yang diterima oleh sebuah situs web, maka semakin tinggi pula peringkatnya di mesin pencari.

Romi
Suka Belajar & Praktik Update terbaru terkait Digital Marketing. Memiliki Passion di bidang Hitam Putih SEO, Pemasaran Media Sosial, Pemasaran Email, Analisis Data, Iklan Google, Iklan Media Sosial, Penulisan Konten, dan Mengembangkan Situs Web.