Indonesia Website Awards

Perbedaan Utama Wix dan WordPress, Mana Pilihan Terbaik untuk Anda?

Perbedaan Wix dan WordPress

Perbedaan Wix dan WordPress ini dapat membantu anda menentukan pilihan terbaik dalam transisi bisnis offline menuju pemasaran online usaha anda.

Memiliki kehadiran online untuk bisnis atau minat Anda sangat penting di dunia saat ini yang saling terkoneksi satu sama lain, tetapi platform apa yang terbaik untuk Anda? Jika Anda baru memulai dan berpikir — bagaimana cara membuat situs web? Di mana saya menghostingnya?

Saat Anda melakukan riset, Anda mungkin menemukan Wix dan WordPress. Mana yang lebih mudah digunakan? Mana yang berkinerja lebih baik di dunia internet? Yang paling penting: mana yang terbaik untuk Anda?

Perbedaan utama pertama yang perlu Anda pahami adalah Wix adalah pembuat situs web (Website Builder), dan WordPress adalah Sistem Manajemen Konten (CMS).

RMG

Wix terutama digunakan untuk membantu orang membangun situs web dan membuatnya dihosting secara online dengan cepat dan mudah.

WordPress memiliki sistem backend yang dapat mengelola berbagai konten, termasuk daftar email, langganan, tautan video, dan banyak lagi.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan dengan WordPress adalah dua domain yang terkait dengannya:

  • WordPress.com adalah domain pembuatan situs web berbasis langganan. Anda mendaftar untuk sebuah akun dan dapat membangun dan menghosting situs web Anda.
  • WordPress.org memberi Anda kendali penuh. Anda bertanggung jawab untuk meng-host situs Anda sendiri dan dapat memanfaatkan semua perangkat lunak sumber terbukanya. Ini mencakup berbagai tema, plugin, dan lainnya untuk menyempurnakan situs web Anda.

Studi Kasus:

Dalam pembuatan artikel ini, akan fokus pada pemanfaatan layanan berlangganan Wix.com dengan WordPress.com dimana kedua platform ini memberikan pilihan layanan gratis dan berbayar.

Sebenarnya ada banyak perbedaan penting lainnya antara kedua manajemen website ini. Dalam postingan kali ini, Saya akan menjelaskan beberapa di antaranya dan membandingkannya sehingga Anda dapat membuat pilihan yang lebih tepat.

Baca Juga : Akademi Pembelajaran Virtual (AR) Gratis, Raih Peluang Sukses di Pasar Metaverse

Perbedaan Wix dan WordPress

Saat menggunakan Wix atau WordPress, nilai jual yang besar adalah kemudahan penggunaan. Adakah yang bisa masuk ke Wix dan membuat situs web? Apakah WordPress sangat ramah pengguna bagi pemula? Namun, kemudahan penggunaan dapat memengaruhi fungsionalitas situs Anda.

Fungsionalitas

Wix.com adalah sistem perangkat lunak WYSIWYG: Apa yang Anda Lihat Adalah Apa yang Anda Dapatkan. Antarmuka Pengguna Grafis besar dan mudah untuk mengidentifikasi berbagai aspek dan alat yang akan Anda gunakan untuk membuat situs web Anda.

Fungsionalitas Editor Wix tidak sebagus WordPress. Namun, ini bukan hal yang buruk, terutama untuk pembuat web pemula. Ada cukup banyak fitur di sini untuk membuat situs web yang solid.

Template yang tersedia memudahkan untuk melihat tampilan situs web dan dapat menginspirasi pengguna untuk membuat sesuatu yang fungsional dan mudah dinavigasi bagi pengguna.

WordPress.com lebih mengasah otak kiri kanan ketika Anda pertama kali menemukannya. Ada logika yang harus dipelajari dan kurva pembelajaran yang sedikit lebih tinggi, tetapi begitu Anda menguasainya, membangun situs web dengan WordPress menjadi sangat mudah.

Pembelajaran WordPress yang lebih dalam ini menempatkan Wix di depan dalam hal kemudahan penggunaan.

Fitur-fitur Website

Drag and Drop

Kedua platform memiliki versi drag dan drop. Ini adalah sistem yang mudah digunakan untuk membangun situs web, terutama jika Anda baru mengenal pembuatan website gratis dan mudah.

WIX.com

Wix memiliki sistem DnD yang sudah terpasang otomatis; itu adalah elemen kunci yang dibangun di Wix. Semua pemasaran Wix menunjukkan kemudahan menyeret gambar ke templat halaman web Anda atau menyeret kotak maupun teks.

Dengan template Wix dan sistem DnD intuitifnya, Anda dapat membuat dan menjalankan situs web dalam waktu satu jam.

WordPress.com

WordPress hadir dengan Editor Blok yang kuat bernama Gutenberg. Di sinilah Anda dapat menyisipkan blok ke halaman web: Blok Teks, Blok Foto dan Caption, Blok Video, dan seterusnya, masing-masing dengan elemennya sendiri. Anda membangun halaman web Anda, blok demi blok.

Sistem ini tidak seintuitif Wix, tetapi memiliki lebih banyak opsi untuk situs web Anda. Anda perlu menyegarkan pratinjau situs web Anda untuk melihat perubahan apa pun yang telah Anda buat. Ini bisa membingungkan, terutama jika Anda adalah pemula.

Pilihan Tema

Wix memiliki tema berbeda yang dapat Anda pilih, tetapi hanya 1 tema pilihan yang disajikan untuk Anda. Beragam lebih dari 900 tema menanti Anda, dan Anda dapat mengubah warna, citra, menyesuaikannya agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tetapi setelah Anda memilih tema dan meluncurkan situs web Anda, Anda tidak dapat mengubah tema ke depannya. Jika Anda memiliki rebranding atau ingin membuat perubahan drastis, Anda perlu membangun situs web yang sama sekali baru.

WordPress memiliki lebih dari 50.000 tema gratis untuk dipilih, atau Anda dapat membayar sejumlah uang untuk tema premium, termasuk dukungan dari pembuat tema.

Atau, Anda dapat membayar Agen Jasa pembuatan website profesional untuk membuat tema WordPress yang disesuaikan untuk bisnis dan situs web Anda.

Jika Anda memilih untuk mengubah desain atau menemukan tema yang terbaik di masa mendatang, Anda dapat dengan mudah memperbarui tema di backend situs web Anda. Jika Anda telah membangun situs web Anda dengan baik, semua elemen harus mengalir ke tema baru.

Tetapi, jika ada yang rusak, beberapa penyesuaian dari pakar WordPress bisa membantu situs web Anda lebih keren lagi.

Plugin atau Widget

Plugin, atau widget, adalah fitur tambahan yang dapat Anda tambahkan ke situs web Anda untuk fungsionalitas dan interaksi.

Wix memiliki Apps Marketplace dengan hanya beberapa ratus aplikasi yang dapat Anda tambahkan ke situs web Anda. Dasar-dasarnya ada di sana, tools tambahan diurutkan ke dalam enam kategori utama, seperti Pemasaran, Jual Online, dan Layanan & Acara. Jika Anda menggunakan Wix versi gratis, opsi Jual Online terbatas dan tidak akan mengubah situs Anda menjadi situs e-niaga / e-commerce.

Apps marketplace ini adalah aplikasi plug-and-play, yang berarti mereka akan bekerja dengan baik untuk situs web Anda. selain itu sangat mudah untuk diimplementasikan.

Sedangkan WordPress memiliki ribuan aplikasi dan widget untuk meningkatkan situs web Anda dan mengubah cara situs web Anda dapat berfungsi lebih maksimal. Jika lagi memikirkan sesuatu untuk keperluan website anda, kemungkinan besar sudah tersedia di database wordpress.com

Anda dapat menyempurnakan website Anda dengan ribuan Widget WordPress di luar sana . Bedanya dengan Wix, Anda harus menggunakan apa yang mereka berikan kepada Anda. Dengan WordPress, Anda dapat memilih dari berbagai macam widget dan plugin.

Open Source atau Tidak

WordPress adalah sumber terbuka / open source. Ini berarti siapa pun yang memiliki pengetahuan pemrograman dapat menulis konten untuk platform WordPress.

Sedangkan Wix adalah sumber tertutup / closed source. Anda hanya dapat menggunakan aplikasi dan tema, serta fitur yang menurut Wix dapat Anda gunakan. Hanya tema yang mereka berikan kepada Anda, di dalam program. Jika sebuah aplikasi mengatakan Anda dapat menautkan Mail Chimp Anda, itu hanya karena Wix mengizinkannya. Anda tidak akan diizinkan untuk membuat sendiri dan menerapkannya di situs web Anda, artinya menggunakan wix tidak disediakan layanan fasilitas custom sendiri.

Platform mana untuk Blogging lebih baik, Wix atau WordPress?

Tulang punggung dari setiap konten menyeluruh adalah blog Anda. Bila blog di kelola dengan baik, Google menyukai Anda, tahu bahwa Anda adalah situs web yang aktif.

Anda dapat menautkan konten secara internal yang bagus untuk SEO; Anda juga dapat menggunakan artikel blog dalam kampanye backlink. Jadi mana dari dua platform ini yang terbaik untuk menulis dan memposting blog?

Dalam WIX tersedia platform blogging yang terintegrasi untuk digunakan membangun situs web Anda. Namun, itu tidak menawarkan fungsionalitas sebanyak WordPress.

Antarmuka Wix untuk menulis blog sedikit berbeda dari yang digunakan untuk membangun situs web itu sendiri. Karena sifat drag dan drop dari pembuatan situs web, menyulitkan dalam blogging.

Namun, ada baiknya untuk memulai dan menjalankan sesuatu. Dan seiring waktu, Anda akan terbiasa dengan fungsionalitas blog wix.

WordPress bermula sebagai platform blogging sebelum berkembang menjadi CMS dan program situs web yang lengkap, jadi WordPress tahu cara membuat blogging menjadi mudah. Antarmuka untuk membuat blog sama seperti membuat semua halaman lain di situs web , jadi tidak sulit menulis konten blog anda.

Wix vs WordPress: Platform Mana yang Lebih Baik untuk E-commerce?

Jika Anda menggunakan Wix, Anda harus membayar untuk dapat menggunakan fungsi e-niaga. Paket bisnis mulai dari Rp 279ribu per bulan untuk mendapatkan alat e-commerce dasar. Paket teratas berharga Rp 590-an ribu per bulan.

Wix mungkin mengambil sebagian uang dari setiap transaksi, yang bisa mulai menguransi penghasilan saat toko online Anda menjadi populer. Atau, Anda dapat menginstal sistem pembayaran pihak ketiga, seperti PayPal.

Wix eCommerce cocok untuk pemula. Banyak usaha kecil memulai usaha online mereka melalui Wix karena kesederhanaannya. Dan ketika mereka tumbuh dan berhasil, mereka cenderung berubah menjadi sesuatu yang lebih kuat.

Fitur yang Anda dapatkan dengan Wix eCommerce meliputi:

  • Etalase dan situs web e-niaga
  • Manajemen Toko
  • Analitik Toko
  • Keranjang dan checkout
  • Halaman Produk
  • Pemasaran dan SEO

Wix kini telah menerapkan cara baru untuk meningkatkan kekuatan e-commerce Anda. Anda sekarang dapat menghubungkan toko Wix Anda ke akun Amazon.com Anda.

Karena sifat open-source dari semua aplikasi di WordPress, Anda dapat menyesuaikan WooCommerce agar sesuai dengan toko Anda, tema Anda, untuk melakukan hampir semua hal yang Anda inginkan.

Beberapa fitur Woocommerce antara lain:

  • Lebih dari 400 ekstensi resmi ke aplikasi dasar
  • Cocok dengan tema WordPress apa pun
  • Penyortiran dan penyaringan produk
  • Peringkat dan ulasan produk
  • Produk, gambar, dan galeri dalam jumlah tak terbatas
  • Pemrosesan pembayaran bawaan
  • Pilihan pengiriman
  • Manajemen persediaan
  • Integrasi SEO
  • Pelaporan lengkap

WooCommerce memiliki awal yang praktis kebutuhan pada toko online Anda.

Perbandingan Wix dan WordPress, Berapa Biaya bila Berlangganan Premium?

Untuk memulainya, Wix.com maupun wordpress.com gratis. Anda dapat membuka akun dan membangun situs web tanpa biaya. Ada batasan untuk ini, tentu saja.

Namun bila dalam jangka panjang selalu menggunakan sub-domain dari wix maupun wordpress, Untuk rata-rata orang, ini mungkin tidak menjadi masalah, tetapi dapat merugikan keberlangsungan SEO dan terlihat tidak profesional untuk bisnis, sehingga perlu effort untuk upgrade langganan ke berbayar.

Untuk memiliki domain dan hosting Anda sendiri melalui WIX, dengan fitur standar,anda mengeluarkan biaya sekitar Rp 155 ribu dolar. Untuk Website bisnis e-commerce sekitar Rp 279 ribu per bulan.

Sedangkan WordPress, untuk pembelian domain saja sekitar 326 ribu per tahun,hosting sekitar 450 ribu per bulan.

Bagaimana melihat masing-masing performance Website, antara Wix dan WordPress?

Membuat situs Anda online, terlihat bagus, dan berfungsi dengan baik bagi pengguna adalah satu hal lainnya; selanjutnya adalah: bagaimana Google akan melihat website Anda?

Saya sebagai salah satu SEO Enthusiast, Silahkan menggunakan alat seo Semrush, tool seo gratis yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa lebih dari 130 jenis kesalahan dan kerusakan yang berbeda pada situs web Anda, mulai dari Audit Situs, performance,backlink,manajemen konten, bahkan dapat menguji situs Anda secara gratis dengan alat ini.

perbedaan wic dan wordpress
Semrush Web Audit tool

Kesimpulan : Mana yang Terbaik?

Wix adalah tempat yang bagus untuk orang-orang web pemula untuk memulai. Anda akan menemukan cukup variasi, tema, dan fungsionalitas tambahan untuk melakukan apa yang Anda perlukan, untuk saat ini, saat Anda menjalankan bisnis kecil.

WordPress akan bagus setelah Anda berkecimpung dalam bisnis beberapa tahun, bisnis Anda telah berkembang, dan kepercayaan diri Anda telah tumbuh, jadi Anda siap membayar seseorang untuk menjadikan Anda situs web yang lebih besar dan lebih baik.

WordPress lebih kompleks tetapi juga lebih kuat.

Pilih tingkat keahlian Anda dan pelajari lebih mendalam. Kelebihan terbesar untuk masing-masing platform ini adalah situs bisnis anda bisa online.

Bikin Landing Page Website, Gratis Domain Hosting 1 Tahun, Mau ?

Membuat Landing Page Website, Gratis Domain Hosting ini dikhususnya bagi personal maupun umkm di seluruh wilayah Indonesia, layanan khusus membantu akselerasi digital bagi pengusaha indonesia yang ingin meningkatkan penjualan dan brand awareness pengusaha berkarya. Apa saja manfaatnya dan proses pemesanannya, simak secara lengkapnya di link dibawah ini!

Baca > Landing Page Website,Gratis Domain Hosting 1 Tahun

Sekian sharing kali ini, Sekiranya dapat bermanfaat bagi keberlangsungan kemajuan usaha anda dari offline menuju pemasaran online yang lebih hebat.

Salam dan Sukses selalu UKM/UMKM Indonesia !

Romi
Suka Belajar & Praktik Update terbaru terkait Digital Marketing. Memiliki Passion di bidang Hitam Putih SEO, Pemasaran Media Sosial, Pemasaran Email, Analisis Data, Iklan Google, Iklan Media Sosial, Penulisan Konten, dan Mengembangkan Situs Web.