Indonesia Website Awards

7 Tips Jitu Strategi Digital Marketing Efektif 2022

7 Tips Jitu Stratefi Digital Marketing yang Efektif tahun 2022 dan 2023
Freepik

Strategi Digital Marketing 2022? Apa yang kalian pikirkan ketika mendengar digital marketing? Apakah suatu yang rumit? Tenang guys, postingan ini tidak akan membawamu ke arah situ. Spesial buat kalian, saya mangulas strategi digital marketing dengan simpel,tentunya bisa kalian terapkan langsung pada bisnismu.

Apa itu Digital Marketing

Sederhananya digital marketing merupakan tipe pemasaran yang mempromosikan, menjual produk serta layanan dengan menggunakan media digital seperti media sosial, google, serta email.

Apa yang membuat digital marketing ini bermanfaat?

Pertama-tama, dengan memakai digital marketing kalian bisa menjangkau pasar yang lebih luas. dimana banyaknya orang yang telah tersambung dengan internet.

Kedua, bayaran yang diperlukan tidak sebesar marketing tradisional semacam iklan di televisi/ majalah.

Ketiga, kalian bisa membuat konten pemasaran misalnya konten berupa video, foto, tulisan serta mempunyai banyak opsi media yang gampang diakses.

Tetapi perihal tersebut tidak bisa berjalan secara otomatis. Butuh bermacam proses supaya membuat bisnismu tumbuh dengan baik.

7 Strategi Digital Marketing Efektif

Pemasaran Online 2023
Freepik

Kamu bisa Menerapkan salah satu atau semuanya dari 7 Strategi digital marketing berikut:

1. Mempraktikkan SEO

Search Engine Optimization ataupun SEO merupakan cara yang digunakan menaikkan peringkat website di mesin pencari seperti Google dengan optimasi kata kunci tertentu.

SEO ini bertujuan buat memusatkan lebih banyak lalu lintas pengunjung ke web website dengan cara memaksimalkan pemakaian keyword serta pembaruan web.

Misalnya, saat orang memasukan kata“ sarang burung walet” di Google pencarian, dengan memakai strategi SEO, web kalian bisa terletak pada posisi awal dan memungkinkan diklik orang dengan harapannya penjualan produk atau jasa meningkat.

Umumnya mesin pencari semacam Google memakai kata kunci, frasa, algoritma, pembaruan website, serta penggunaan bahasa buat memastikan peringkat web pada halaman pertama. Dengan demikian kamu butuh menguasai teknik SEO pada web bisnis mu.

Untuk Pemula yang mau menggunakan strategi SEO, berikut metode yang bisa kamu gunakan:

  1. Buat Konten Produk/Artikel dengan kata kunci yang sering dicari orang dengan volumen pencarian terbanyak ataupun menengah.
  2. Memasukkan link dari satu lama ke halaman yang lain dalam satu web disebut internal link
  3. Membuat link yang mengarah ke website kamu dari situs lain disebut backlink
  4. Gunakan tools analytic seperti Google Analytics dan Google Search Console bertujuan menganalisa trafik serta optimasi website.

Dengan strategi digital marketing ini, kamu sesungguhnya dapat mempelajarinya sendiri tanpa mengelurkan biaya,cukup sediakan waktu buat belajar dan menerapkannya. Tetapi, bila bisnismu lagi tumbuh pesat serta mempunyai dana yang lumayan, kalian bisa membentuk tim khusus yang menangani SEO pada web atau kerjasama dengan pihak Jasa SEO Indonesia.

2. Pay- Per- Click Advertising

Pay- per- click ataupun PPC merupakan model pemasaran internet di mana pengiklan membayar bayaran tiap kali iklan mereka diklik. Umumnya iklan tersebut ada pada taman pencarian google dengan memakai layanan Google Ads. Kalian bisa pasang desain banner yang bagus.

PPC ini bertujuan buat menjangkau lebih orang- orang yang melaksanakan pencarian di google dengan suatu keyword. Misalnya,“ beli sepatu”. Hingga pada laman pencarian google muncul iklan dari website- mu.

Untuk kalian yang baru awal memakai pemasaran digital, PPC merupakan strategi pemasaran online yang sangat bermanfaat. Ini mendongkrak website- mu ke bagian atas pada hasil pencarian, yang bisa pula membantu kalian memperoleh pelanggan secara langsung.

Tetapi, bila strategi ini bisa menempatkan web posisi atas pencarian Google, kemudian apa perbedaannya dengan Teknik SEO?

Sederhananya, bila memakai PPC, kalian membayar kepada Google tiap iklan yang kalian tempatkan pada halaman pencarian untuk diklik oleh orang. Sebaliknya SEO tidak bernuansa iklan, melainkan dicapai dengan sebagian metode semacam, targeting keyword serta pengoptimalan web itu sendiri.

3. Content marketing

Content marketing mempunyai tujuan buat menjangkau, mengaitkan, serta tersambung dengan konsumen lewat bermacam konten supaya brand awareness dari bisnismu bertambah. Kalian bisa membagikan konten berbentuk video, artikel pada web, infografis, serta yang lain.

Misalnya, bila kalian mempunyai bisnis alat- alat travelling, kalian bisa membuat postingan peralatan yang diperlukan kala awal kali travelling. Tidak hanya itu, kalian juga dapat membuat konten video misal tas travel yang sesuai buat backpacker.

Tetapi, konten tersebut harus efisien dengan cara memadukannya dengan strategi SEO yang benar. Dengan memakai SEO, konten- konten yang kalian hasilkan semestinya gampang ditemukan oleh orang- orang pada pencarian Google. Salah satunya dengan memasukkan kata kunci pada konten yang kalian buat. Misalnya, pada postingan alat- alat travelling, kalian bisa memasukkan kata kunci semacam“ Panduan Menjaga Peralatan Traveling”.

Tidak hanya itu, bagian utama dari content marketing merupakan gimana kalian membuat konten yang bisa bermanfaat untuk audience.

Perihal tersebut pastikan membagikan konten yang bermutu serta menarik. Sehingga bisa tingkatkan rasa keyakinan mereka terhadap bisnismu.

Baca Juga: Slot Online Lapak Pusat Jakarta jadi Sorotan NETizen Indonesia

4. Social media marketing

Dilansir dari Buffer. com social media marketing merupakan pemakaian platform media sosial buat tersambung dengan audience membangun merk dari bisnis kalian, tingkatkan penjualan, serta meningkatkan trafik website.

Nyatanya 71% konsumen yang mempunyai pengalaman positif dengan sesuatu brand di media sosial cenderung merekomendasikan merk tersebut kepada sahabat serta keluarga mereka. Perihal ini membuat pemakaian media sosial tidak bisa diremehkan dalam bisnis serta marketing.

Gunakan media sosial, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, serta LinkedIn. Tetapi, jangan dilupakan pembuatan konten, wajib disesuaikan dengan media sosialnya. Sebab tiap media sosial mempunyai karakteristik khas serta tipe pengguna yang berbeda- beda. Misalnya semacam instagram yang sesuai buat konten visual serta didominasi oleh pengguna dengan umur 25- 34 tahun.

Tidak hanya itu, dalam pelaksanaan strategi digital marketing ini, kalian bisa ikuti langkah berikut di media sosial mu.

Membangun Ikatan dengan pelanggan

Salah satunya membangun ikatan dengan audience di kolom komentar. Misal kalian hanya membalas pendapat audience pada sebagian unggahananmu, mulai membangun keyakinan serta menampilkan betapa pedulinya kalian dengan mereka.

Menganalisis kompetitor

Apakah kompetitor sukses ataupun kandas. Bila mereka sukses, kalian bisa belajar dari konten” mereka, tetapi tidak meniru ataupun memodifikasi.

Misalnya, kompetitor kalian sukses menarik atensi calon pelanggannya dengan membuat konten promosi berbentuk infografis di Facebook. Kalian bisa lebih kreatif dengan membuat konten fitur Ask me Question yang terdapat pada Instagram sebagai metode menarik atensi calon pelanggan.

5. Email marketing

Pemasaran email berfokus pada mempertahankan pelanggan yang telah ada, dan memperoleh pelanggan baru. Ini merupakan metode yang sangat baik buat membangun awareness, mempertahankan brand kamu selalu diingat, serta mendorong repeat order.

Dilansir dari webfx. com, tujuan utama email marketing merupakan buat membangun ikatan dengan pelanggan serta membagikan data berguna kepada mereka. Data tersebut bisa semacam kabar produk terkini serta kupon diskon. Sehingga bisa membuat mereka terus kembali membeli produkmu.

6. Optimalisasi pencarian suara

Optimalisasi pencarian suara merupakan salah satu strategi pemasaran Internet terkini untuk industri buat diadopsi.

Apa itu optimasi pencarian suara?

Dengan pengoptimalan pencarian suara, industri Kamu memaksimalkan konten website dengan adanya pencarian suara. Tujuannya untuk memperoleh situs menduduki posisi cuplikan unggulan ataupun posisi nol di hasil pencarian Google.

Apa tujuan pengoptimalan penelusuran suara?

Tujuan pengoptimalan pencarian suara agar memperoleh cuplikan unggulan buat kata kunci yang relevan dengan audiens sasaran serta bisnis Kamu. Dengan peringkat posisi nol, industri Kamu tingkatkan visibilitas online- nya kepada konsumen, yang akhirnya mendapatkan kunjungan toko, pembelian produk, serta banyak lagi.

Kenapa memakai optimasi pencarian suara sebagai strategi pemasaran digital?

Dengan terus meningkatnya orang yang membeli ponsel pintar, dan speaker yang diaktifkan dengan suara, penelusuran suara jadi metode baru— serta terkenal dalam pencarian. Dampaknya, ini merupakan salah satu strategi pemasaran digital terkini untuk industri buat diadopsi.

Berikut Faktanya:

Nyaris 50 persen orang yang sudah berumur memakai pencarian suara tiap hari.

Analis memperkirakan persentase ini akan bertambah lagi. Pada gilirannya, pengadopsi dini pengoptimalan pencarian suara akan menemukan benefit sangat banyak— Situs akan diberi peringkat buat cuplikan unggulan, yang berujung pada kenaikan trafik kunjungan dari konsumen di nich market kamu.

7. Video Marketing

Pemasaran video merupakan strategi pemasaran digital lain buat bisnis yang mau mendesak pemasukan.

Apa itu pemasaran video?

Lewat pemasaran video, industri Kamu mampu meningkatkan jangkauan, tingkatkan pendapatan, serta memperluas operasionalnya. Kurang lebih seperti pemasaran konten, dan pemasaran email, bisnis Kamu berfokus pada pembuatan video yang informatif serta berharga buat target audiens.

Tipe video buat pemasaran video meliputi:

-Instruksional

-Pengumuman

-Behind the scene

-Peristiwa

Serta banyak lagi

Di dalam pembuata konten video, Upayakan membangun pemahaman merk di antara audiens sasaran Kamu. sama halnya seperti media sosial, email, serta pemasaran konten, pemahaman merk ini bisa menciptakan konversi yang berharga .

Inilah yang membuat strategi pemasaran video bisa tingkatkan konversi lebih dari 85 persen.

Apa tujuan video marketing?

Pemasaran video berfokus pada kenaikan pemahaman brand, tingkatan konversi, serta revenue pemasukan . Hal ini bisa dicapai dengan membuat konten yang berharga serta bermutu untuk pengguna.

Misalnya, orang dewasa menghabiskan waktu sampai 5 jam satu hari buat menyaksikan video. Belum lagi, pemahaman merk bertambah hingga 140 persen setelah pengguna menyaksikan video, baik itu info produk, tutorial, ataupun video behind the scene.

Kenapa Video Marketing jadi salah satu strategi pemasaran digital?

Dengan keahlian meningkatkan konversi, pemasaran video jadi strategi pemasaran online. Hal ini juga bonus yang bagus buat pemasaran email serta pemasaran konten, yang keduanya menemukan manfaat dari pemakaian video.

Siap membuat kampanye pemasaran video buat bisnis Kamu?

Bermitra dengan agensi berbasis kinerja terkemuka buat bisnis menengah, WBS Digital Marketing Agency.

Kami akan membuat strategi pemasaran digital yang menjadikan bisnis kamu menjadi pesaing utama.

Siap Menerapkan Strategi pemasaran digital?

Strategi Digital Marketing 2023
Freepik

Pemasaran digital merupakan salah satu metode terbaik dalam menjangkau pelanggan baru serta menggapai tujuan bisnis Kamu. Tidak hanya itu, digital marketing menawarkan bermacam strategi, mulai dari video, email, sampai sosial. Mau tingkatkan penjualan, pemasukan, pemahaman, ataupun loyalitas, pemasaran digital merupakan trik jitu yang tidak bisa terlewatkan.

Keberhasilan strategi pemasaran digital bisnis kamu, bagaimanapun, bergantung pada pengembangan serta penerapannya. Bermitra dengan WBS Digital Marketing Agency, agen strategi digital layanan terpercaya yang menyediakan strategi pemasaran dengan hasil yang setimpal.

Gimana sob? Gak rumit kan pembahasannya.

Kiranya strategi digital marketing bisa diterapkan pada bisnis maupun usaha yang lagi kalian kembangkan. Bila kalian mau memperdalam pengetahuan mendalam digital marketing khususnya Belajar SEO, langsung saja menghubungi saya melalui kontak di RMGpage.

Dengan pengalaman saya lebih dari 10 tahun, kalian akan belajar banyak mulai pengenalan seo,strategi,membuat KPI, seo checklist ,mengenal peran seo dalam pemasaran digital hingga penerapan secara langsung di situs kamu.

Semoga Bermanfaat !

Baca Juga: Digital Marketing: Arti, Jenis, Manfaat, Contoh, dan Strategi Digital Marketing UMKM

Romi
Suka Belajar & Praktik Update terbaru terkait Digital Marketing. Memiliki Passion di bidang Hitam Putih SEO, Pemasaran Media Sosial, Pemasaran Email, Analisis Data, Iklan Google, Iklan Media Sosial, Penulisan Konten, dan Mengembangkan Situs Web.