Indonesia Website Awards

Teknik EAT SEO On-Page Website YMYL, Rekomendasi Google sebagai Situs Konten Berkualitas Tinggi

Teknik EAT SEO On-Page Website YMYL, Rekomendasi Google sebagai Situs Konten Berkualitas Tinggi

Teknik EAT SEO On-Page Website YMYL, salah satu Rekomendasi Google sebagai Situs dengan Konten Berkualitas Tinggi. Meskipun hal ini menimbulkan banyak kontroversi terkait rangking website dari berbagai kalangan SEO Specialist di dunia.

Perdebatan ini muncul ketika Google mengeluarkan Pentingnya E A T dalam mengoptimalkan rangking konten website yang telah diterbitkan dalam Google Search Quality Evaluator Guidelines ini.

Apa Peran Search Quality Evaluator?

Mengutip dari toffedev, Pernyataan diatas menjadi salah satu faktor yang menjadi bukti dari pentingnya teknik EAT. Hal ini bukanlah sesuatu yang baru, karena Google selalu berusaha untuk membuat algoritma mereka se-”manusia” mungkin.

Namun algoritma Google belum sepenuhnya sempurna, user behavior dan teknologi juga akan selalu berkembang. Disinilah search quality evaluator berperan.

Search quality evaluator adalah orang-orang yang dipekerjakan oleh Google untuk menilai dan mengetes kualitas dari hasil pencarian.

Namun rating yang mereka berikan bukan lah sebuah faktor ranking.

Dikutip dari Glints, teknik EAT dalam SEO awalnya diciptakan oleh Google dan dijelaskan di Google’s Search Quality Rater Guidelines.

Dokumen tersebut diterbitkan pada tahun 2013 lalu dan bertujuan untuk membantu para webmaster untuk memahami apa yang sebenarnya dicari oleh Google dalam sebuah website.

Search Engine Journal menyebutkan bahwa EAT bukanlah faktor untuk peringkat. Karena itu, hal tersebut berbeda dengan pentingnya keyword pada judul atau kecepatan website.

Namun, EAT dalam SEO lebih berfokus pada konten yang dapat memberi informasi yang dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan.

Melansir dari Semrush, ada beberapa topik konten yang membutuhkan strategi SEO dengan teknik EAT.

Khususnya adalah website yang berisikan konten YMYL (Your Money or Your Life) dengan topik-topik berikut ini:

  • saran medis
  • berita jurnalistik
  • nasihat keuangan, hukum, dan pajak
  • topik berisiko tinggi seperti parenting hingga renovasi rumah
  • topik seputar hobi yang membutuhkan keahlian seperti teknik fotografi dan sebagainya.

Baca juga: Profesi SEO Specialist : Kerja Fleksibel dan Bergaji Tinggi! Berminat? Simak Panduan Lengkapnya disini!

Apa Itu Teknik EAT?

EAT adalah akronim dari Expertise, Authority, Trustworthiness.

Google sangat menghargai konten dengan kualitas yang tinggi, oleh karena itu mereka akan selalu merekomendasikan untuk membuat konten yang berkualitas.

Konten berkualitas adalah konten yang dapat memberikan benefit untuk klien, kustomer, pengguna, atau pembaca.

  • Level yang tinggi dari E-A-T
  • Jumlah konten berkualitas tinggi, termasuk title yang deskriptif dan membantu.
  • Informasi yang memuaskan mengenai siapa yang bertanggung jawab terhadap website, bila terjadi transaksi dalam website maka website harus memiliki informasi mengenai customer service yang memuaskan.
  • Reputasi website yang positif mengenai penulis konten.
  • Halaman dengan kualitas yang tinggi serta YMYL akan memiliki tingkat E-A-T yang tinggi.

Expertise

Google akan selalu merekomendasikan website dengan konten yang memang ahli di bidangnya. Itulah mengapa expertise atau keahlian sangatlah penting dalam EAT SEO.

Menurut Ahrefs, expertise berarti memiliki pengetahuan atau keterampilan tingkat tinggi di bidang tertentu.

Jadi, konten yang ada pada website haruslah dibuat oleh seorang ahli yang memang telah menguasai apa yang telah ditulisnya.

Apalagi jika website-mu menggunakan konten dengan topik YMYL, maka keahlian formal, kualifikasi, dan pendidikan dari pembuat konten sangat perlu diperhatikan.

Misalnya, website-mu memberikan informasi seputar dunia pajak, maka yang membuat konten haruslah mereka yang ahli di bidangnya, misalnya seorang ahli pajak.

Authority

Adalah tentang reputasi yang dimiliki oleh website. Semakin banyak konten berkualitas yang dibuat oleh ahlinya, maka website bisa memiliki reputasi yang lebih baik.

Seperti contoh di atas, jika websitemu mampu membuat konten soal pajak yang berkualitas, tentu orang yang ingin mencari tahu berita soal pajak akan langsung pergi ke sana.

Dengan begitu, website akan memiliki reputasi yang baik dan terlihat kredibilitasnya. Hal itu juga sangat dipengaruhi oleh konten yang dibuat oleh para ahli.

Karena itu, kamu bisa memberikan gambaran singkat mengenai profil dari para pembuat konten agar pembaca semakin percaya dengan keahlian yang dimilikinya.

Selain itu, semakin banyak backlink yang berasal dari website kredibel lainnya juga dapat meningkatkan faktor yang satu ini. Dengan begitu domain authority dari website-mu juga ikut meningkat.

Trustworthiness

Merupakan soal kepercayaan mengenai keakuratan dari website.

Hal yang satu ini juga sangat penting dalam EAT SEO karena seseorang yang berselancar di internet pasti akan mencari informasi dari sumber yang terpercaya.

Website yang memiliki konten YMYL sangat membutuhkan tingkat kepercayaan yang tinggi. Pasalnya, mereka harus memberikan informasi yang kredibel dan harus bisa bertanggung jawab atas semua kontennya.

Faktor kepercayaan dari website dapat dilihat dari beberapa faktor misalnya konten yang isinya akurat, memiliki profile yang menyebutkan informasi, hingga kemudahan untuk diakses.

4 Tips Membuat Konten berkualitas dengan strategi Teknik EAT

Menurut Moz jika website berisi konten pengetahuan, ada baiknya untuk menyertakan biografi penulis dan menghubungkan ke sumber eksternal yang relevan.

Membuat Biografi Penulis Konten

Akan lebih baik lagi jika Anda membuat bio mengenai penulis, atau halaman terpisah yang berisi konten-konten yang sebelumnya sudah diterbitkan.

Buat Halaman About, Contact dll

Pastikan Anda melink halaman About Us dan/atau Contact Us pada navigasi utama atau footer dari website Anda.

Buat Konten Berkualitas

Beberapa caranya adalah:

  • Biarkan orang yang lebih memiliki Authoritative untuk menulis konten Anda
  • Tambahkan quote dari ahli, data, sumber dan, sitasi
  • Tingkatkan readability, grammar, pengejaan, dan struktur konten Anda
  • Tambahkan informasi agar konten Anda lebih komprehensif
  • Title baru yang lebih baik
  • Tambahkan unsur visual
  • Tambahkan video

Bangun Sisi Positif dari Bisnis/Brand

Dengan membagikan insight yang dianggap target audiens Anda sesuatu yang berharga bagi mereka, maka akan ada kesempatan terjadinya konversi.

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, tentunya website dapat dipercaya oleh Google dan pengguna.

Baca juga: Panduan Backlink

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai EAT dalam SEO yang sudah Glints persiapkan untukmu. Semoga informasi di atas dapat membantumu lebih memahami teknik SEO tersebut.

Apalagi jika website yang kamu kelola memiliki topik YMYL, maka EAT sangatlah penting untuk diperhatikan.

Supaya website bisa dipercaya dan selalu direkomendasikan oleh Google, sebaiknya selalu persiapkan konten yang berkualitas yang ditulis oleh penulis artikel seo yang sudah ahli.

Keperluan pembuatan artikel atau jasa artikel SEO friendly untuk suatu web makin berkembang. Ini diperlukan oleh website anda yang mulai meningkatkan usahanya lewat cara online. Artikel yang dibuat sesuai dengan artikel yang baik untuk bisa datangkan pengunjung. Dengan penerbitan konten setiap saat akan menjadi salah satu aset digital investasi jangka panjang. Baca Jasa Penulis Artikel SEO Profesional.

Baca juga: 5+ Cara Memasang Google Analytics di Website WordPress dan HTML

Semoga bermanfaat!

Sumber referensi:

  • https://www.partners.searchevaluator.com/quality-rater-google
  • https://glints.com/id/lowongan/eat-seo/
  • https://toffeedev.com/blog/e-a-t-dan-ymyl-yang-mampu-tingkatkan-seo/

Ayu Mulyono
Aku suka menulis, mencoba membantu orang memahami tentang dunia pemasaran lewat daring seperti seo,media sosial,e-commerce,startup dan perkembangan teknologi dalam menunjang kehidupan manusia dimasa depan dengan cara yang paling nyaman. Semoga bermanfaat !