Indonesia Website Awards

9+ Tips Marketing Online Simple & Logis Untuk UMKM Naik Kelas dan Sukses

9+ Tips Marketing Online Simple & Logis Untuk UMKM Naik Kelas serta Sukses

Tips marketing online dalam Strategi pemasaran merupakan sebuah upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi.

Dapat diartikan strategi pemasaran yaitu suatu cara yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mencapai tujuan tertentu, karena potensi untuk menjual produk terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut.

Banyak cara yang bisa digunakan untuk bisa memaksimalkan kegiatan pemasaran yang efektif untuk bisnis kita, terutama jika cara dilakukan dengan benar maka akan membuat bisnis menjadi lebih besar kedepannya. Namun sebelumnya, apa itu strategi pemesaran?

Defenisi Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah alat fundamental yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan daya saing yang berkesinambungan melewati pasar yang dimasuki, dan progam pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar target tersebut. ~ Tjiptono.

Dilansir dari Jurnal.id, Strategi pemasaran yang efektif akan membantu konsumen untuk mengetahui dan mengenali produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Baca juga: 10 Tips Cara Membuat Landing Page yang Menarik untuk Jualan Online Shop

Konsep Strategi Pemasaran

1. Segmentasi Pasar

Setiap pasar tentunya terdiri dari berbagai pembeli yang memiliki kebutuhan dan kebiasaan berbeda.

Dalam hal ini, perusahaan pun tidak bisa memenuhi kebutuhan semua pembeli sehingga perlu mengelompokkan pasar yang bersifat heterogen ke dalam satuan pasar yang bersifat homogen.

2. Market Positioning

Perusahaan tidak bisa menguasai pasar secara keseluruhan sehingga prinsip dalam strategi pemasaran selanjutnya adalah memilih pola pasar perusahaan yang spesifik.

Konsep ini akan membantu membuka peluang maksimal kepada perusahaan untuk menempatkan diri di kedudukan yang kuat.

Dengan kata lain, perusahaan wajib memilih segmen pasar yang tepat untuk menghasilkan penjualan yang besar.

3. Market Entry Strategy

Market entry strategy adalah strategi perusahaan untuk memasuki segmen pasar untuk sasaran penjualan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan strategi ini, salah satunya adalah mengakusisi perusahaan lain.

4. Internal Development

Beberapa perusahaan lebih tertarik mengembangkan usaha sendiri melalui research and development karena cara ini akan membantu mencapai kepemimpinan dalam industri.

Mengingat strategi pemasaran adalah beberapa hal yang perlu banyak dicoba untuk mendapatkan hasil terbaik.

5. Marketing Mix Strategy

Marketing Mix Strategy adalah kumpulan variabel yang dapat digunakan perusahaan untuk memengaruhi tanggapan dari konsumen.

Variabel yang dapat memengaruhi pembeli disebut 7P (Product, Price, Place, Promotion, Participant, Process, dan People Physical evidence).

6. Timing Strategy

Menentukan saat yang tepat dalam memasarkan barang adalah hal penting untuk diperhatikan.

Namun, saat perusahaan melihat adanya kesempatan untuk menetapkan serta menyusun strategi pemasaran, tidak berarti bahwa kegiatan pemasaran bisa langsung dimulai.

Perusahaan harus melakukan persiapan terlebih dahulu, lalu menentukan kapan waktu terbaik untuk memasarkan barang atau jasa ke pasar. simak terus tips marketing online dibawah ini sampai habis.

Baca juga: Profesi SEO Specialist : Kerja Fleksibel dan Bergaji Tinggi! Berminat? Simak Panduan Lengkapnya disini!

Fungsi Strategi Pemasaran

  1. Membantu koordinasi tim pemasaran lebih efektif sehingga akan mudah mencapai target.
  2. Meningkatkan motivasi untuk melihat masa depan bisnis yang tengah dijalankan.
  3. Sebagai standar penilaian dari prestasi kerja para anggota di perusahaan.
  4. Sebagai alat bantu untuk mencapai target atau tujuan suatu perusahaan, baik dalam jangka waktu pendek atau panjang.

Tujuan Strategi Pemasaran

  1. Dapat digunakan sebagai media ukur dari hasil pemasaran yang diukur berdasarkan standar prestasi yang telah ditentukan.
  2. Membantu meningkatkan kualitas koordinasi antar individu dalam tim pemasaran sehingga lebih efektif dan mampu mencapai target dengan mudah.
  3. Mengembangkan kemampuan bisnis agar mudah beradaptasi.
  4. Dasar pemikiran untuk mengambil keputusan pemasaran.

Tips Cara Strategi Pemasaran

Pemasaran produk adalah salah satu hal terpenting dalam menentukan performa suatu perusahaan.

Namun, Apakah ada strategi pemasaran yang bisa dilakukan guna meningkatkan penjualan produk bisnis?

Banyak strategi digital marketing yang dapat Anda terapkan untuk bisnis UKM Anda. Berikut adalah tips dan trick dalam merancang strategi marketing:

Ini Cara ,Tips Marketing Online dan Strategi-nya perlu dicoba teman-teman UMKM di Indonesia:

1. Menggunakan Media Sosial

Menerapkan Penggunaan Teknologi Seperti yang kita tahu bahwa media sosial (social media) adalah alat pemasaran yang efektif karena hampir semua orang aktif menggunakannya.

Media sosial adalah jenis pemasaran online membantu perusahaan untuk berinteraksi secara luas dengan berbagai kalangan.

Selain itu, media sosial juga membantu perusahaan untuk memilih komunitas yang tepat untuk memasarkan produk sehingga peluang produk terjual lebih besar.

2. Pilih Channel Pemasaran Strategis

Memilih channel pemasaran atau tempat yang Strategis Agar Produk Lebih Terlihat.

Channel yang tepat tentunya akan membuka peluang produk terlihat lebih tinggi sehingga memicu terjadinya penjualan.

Kriteria pemilihan channel yang strategis harus menyesuaikan target sasaran dan kemudahan untuk menjangkaunya.

3. Membuat Program Reward

Salah Satu Strategi Pemasaran Yang Bisa Dicoba Adalah Memberi Reward untuk Rekomendasi. Teknik pemasaran mulut ke mulut memang masih mencuri perhatian karena dianggap efektif.

Perlu diingat! Reward tidak selalu soal uang, tapi Anda bisa memberi hadiah berupa produk atau potongan harga untuk pembelian selanjutnya.

Kebanyakan konsumen akan tertarik menggunakan produk berdasarkan review bagus dari orang-orang yang pernah memakainya.

Jika Anda ingin mendapatkan rekomendasi atau testimoni dari pelanggan yang sudah memakai produk atau jasa yang ditawarkan, Anda bisa memberi sebuah reward yang menarik.

4. Coba tawarkan Produk Sample (tester)

Karena sesuatu yang gratis akan mudah menarik perhatian.

Alasan lain kenapa strategi ini juga diperlukan karena sering kali seorang pelanggan belum mau membeli produk karena belum pernah mencobanya.

Jika Anda ingin menggunakan strategi ini, cobalah untuk mengisi event atau acara dan menawarkan sample langsung kepada konsumen.

Jika perusahaan menawarkan jasa atau produk digital, sebaiknya tawarkan free trial sehingga konsumen dapat mencoba dan mengetahui produk tersebut.

Strategi pemasaran adalah hal yang memiliki peranan penting dalam kemajuan bisnis yang Anda jalankan.

Namun, tentunya Anda harus menerapkan strategi yang tepat agar sasaran yang telah ditentukan dapat tercapai dengan baik.

Baca juga: Teknik EAT SEO On-Page Website YMYL

Tips Marketing Online

Bicara soal tips-tips marketing, 10 tips marketing ini yang bisa dipakai oleh semua orang.

  1. Mengerti Akan Customer Anda
    Mengenal customer anda dengan baik merupakan langkah terpenting dalam proses marketing, semakin akurat info yang anda dapatkan dari customer, maka semakin efektif anda akan sampai ke penjualan.
  2. Lakukan Observasi Lingkungan Marketing
    Mengenal customer anda itu penting tetapi ada juga kemungkinan peluang bisnis yang muncul sebagai akibat dari perubahan keadaan global, contohnya ada produk baru yang datang tiba di area market anda, Pastikan secara teratur anda melakukan ‘scan’ peluang lingkungan eksternal dan ancaman.
  3. Rancang Produk atau Service Anda Di Sekeliling Customer
    Rancang dan presentasikan produk anda sesuai dengan yang customer anda inginkan, sekali anda memiliki marketing plan, Anda harus memastikan produk atau service Anda sesuai dengan customer, mulai dari packaging untuk promosi.
  4. Pastikan Anda Bekerja Secara Halus dan Efisien
    Proses menjalankan bisnis anda itu sama pentingnya dengan produk itu sendiri, pastikan pengiriman cepat, perlakukan customer dengan sopan, berikan senyuman, berikan kejutan dan kenyamanan untuk membuat pelanggan senang, word of mouth juga merupakan alat yang kuat dalam penjualan.
  5. Rancang Target Iklan dan Komunikasi Pelanggan
    Menempatkan beberapa iklan itu tidak cukup untuk mendapatkan perhatian dari pelangan, pelanggan mendapatkan
    pesan marketing setiap hari dalam hidup mereka, dan anda harus melakukan hal yang lebih cantik dan menarik lagi untuk menarik perhatian mereka, gunakan emosional dan rasional argumen untuk mendemonstrasikan penjualan anda, dan beri alasan mengapa mereka butuh dan harus membeli produk anda.
  6. Berinvestasi Dengan Orang Anda
    Staff atau karyawan adalah aset anda, berikan mereka motivasi dan training untuk melakukan pekerjaan dengan baik, berikan mereka alat yang dibutuhkan, pastikan mereka mengerti tanggung jawab terhadap pekerjaan, jika mereka bekerja bersama sebagai tim yang handal, bisnis Anda akan jauh lebih meningkat.
  7. Jaga Kerapihan Tempat Usaha Anda
    Kantor atau toko yang rapi mencerminkan seberapa hebat perusahaan anda, buatlah pelanggan anda senyaman mungkin, jika depan kantor atau toko anda berantakan apa yang akan mereka fikirkan tentang perusahaan, gudang, dan sistem anda, mereka akan berfikir jika sistem dan yang lainnya sama berantakannya dengan depan kantor atau toko anda.
  8. Memiliki Strategi Harga
    Jangan hanya menetapkan harga berdasarkan biaya produksi ditambah margin, harga merupakan alat yang bernilai kuat untuk mendapatkan tujuan anda. Putuskan apa yang ingin anda coba dapatkan dan pesan apa yang bisa anda berikan dengan meningkatkan harga. Harga tinggi itu artinya anda akan mengurangi penjualan, begitu juga sebaliknya, harga murah bisa mendominasi penjualan, pastikan harga merupakan bagian terbesar strategi, cantumkan hal ini ke marketing plan.
  9. Tanggapi Komplain Dengan Baik
    Tanggapi setiap komplain pelanggan dengan baik dan cepat, ingat bahwa brand mudah rusak, dan kepuasan pelanggan adalah kunci pemasaran anda.
  10. Tulis Marketing Plan
    Kembangkan strategi anda dalam bentuk tulisan marketing plan, dan memastikan semua member atau tim anda mengerti dengan arahan perusahaan. Plan merupakan dokumen hasil penelitian yang meliputi semua aspek penting produk dan perusahaan anda.

9+ Tips Marketing Online Simple & Logis ini dapat membantu usaha atau bisnis anda Naik Kelas serta Sukses dimasa yang akan datang.

Baca Juga: Digital Marketing: Arti, Jenis, Manfaat, Contoh, dan Strategi Digital Marketing UMKM

Sumber Referensi:

Ayu Mulyono
Aku suka menulis, mencoba membantu orang memahami tentang dunia pemasaran lewat daring seperti seo,media sosial,e-commerce,startup dan perkembangan teknologi dalam menunjang kehidupan manusia dimasa depan dengan cara yang paling nyaman. Semoga bermanfaat !